1. Startup

Koprol Tetap Hidup, Akan Dikembangkan Kembali Dari Nol

 

Ketika Yahoo memutuskan untuk 'memberikan' kembali Koprol pada para pendirinya beberapa minggu lalu, pengguna menjadi bingung apakah Koprol akan tetap mati atau kembali bisa digunakan. Para founder Koprol hanya mendapatkan merek 'Koprol' dan nama domainnya, tetapi kode program dan database pengguna tetap akan dimiliki oleh Yahoo. Mereka tidak punya pilihan lain selain membangun Koprol dari nol. Dan mereka akan melakukannya!

Kami berbincang dengan salah satu co-founder Koprol, Satya Witoelar, yang menyiratkan keoptimisannya bahwa pengguna akan kembali ke Koprol. Ketika ditanyakan tentang apakah pengguna Koprol bisa berharap akan hadir Koprol versi baru, Satya mengatakan bahwa Koprol versi baru ini nantinya akan memiliki menawarkan hal yang sedikit berbeda tetapi tetap dengan ciri-ciri komunitas yang sama kuat. "Kami berharap para Koprollers yang setia akan menyukainya, meski saya berpikir juga akan lebih menarik pengguna baru" kata Satya.

Koprol versi baru ini akan dikembangkan oleh Barito Labs, yang pada dasarnya terdiri dari tiga founder Koprol dan beberapa pengembang lainnya. Satya mengkonfirmasi bahwa mereka belum mendapatkan kesepakatan investasi untuk mendukung operasional Barito Labs, dukungan yang ada hanya dari kantong mereka. "Beberapa teman siap untuk ikut bergabung memberikan investasi, tetapi kami lebih memilih untuk mengembangkan produknya terlebih dahulu," Satya menambahkan.

Sangat menarik untuk melihat apakah Koprol akan kembali dari 'kuburnya', meski layanan berbasis lokasi ini tidak sepopuler seperti sebelumnya. Monetisasi adalah sebuah hal yang harus diperhatikan, tetapi sepertinya pengguna tidak lagi tertarik kecuali mereka bisa mendapatkan manfaat tambahan dari layanannya. Koprol versi baru, apapun yang ditawarkan, harus menawarkan lebih dari sekedar membawa layanan berbasis lokasi yang terdahulu, tetapi harus membangun data di seputar layanan tersebut dan mengeksplorasi data-data tersebut.

Ketika ditanyakan kapan pengguna bisa melihat Koprol versi baru ini, Satya mengatakan bahwa timnya sedang bekerja sebaik mungkin untuk mengembangkan konsep baru layanan ini dari awal, jadi butuh waktu. "Kita akan mulai melakukan uji produk dalam 2 bulan ke depan," kata Satya.

So, apa ide Anda untuk Koprol versi baru? Kami sangat ingin mendengar ide Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again