Opini 

Koprol Capai 500.000 Pengguna

Koprol Capai 500.000 Pengguna

Posted by
Wiku Baskoro

September 16, 2010

Pengguna Koprol terus bertambah, setelah awal bulan kemarin mereka mengumumkan lewat blog resmi mereka pertumbuhan pengguna sebanyak 106,750 pengguna baru, kini pengguna Koprol telah mencapai 500.000 lebih.

Seperti yang dituliskan e27, Koprol mendapatkan tambahan lebih dari 350.000 pengguna dalam 3 bulan terakhir. Pengguna Koprol pada bulan Mei, ketika diakuisisi oleh Yahoo! sekitar 150.000 pengguna, jadi secara keseluruhan pengguna Koprol kini berjumlah lebih dari 500.000 pengguna.

Beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ini antara lain kampanye besar-besaran yang dilakukan di seluruh Indonesia antara lain kampanye Pintu Ungu lalu iklan TVC Koprol-Yahoo! yang tayang diberbagai stasiun televisi utama di Indonesia, kemudian print-ad, termasuk iklan di media cetak oleh Nexian yang menyertakan aplikasi Koprol di ponsel mereka.

Saya sendiri lumayan cukup aktif (kembali) menggunakan Koprol dan mendapatkan banyak pengguna aktif di suatu lokasi tertentu. Setiap kali melakukan check-in di suatu tempat, selalu ada lebih dari dua orang pengguna yang melakukan hal yang sama atau melakukan update status di lokasi tersebut.

Pengguna yang menggunakan Koprol juga beragam, misalnya saya pernah melihat update status dari salah satu penjaga toko di sebuah pusat perbelanjaan elektronik di Bandung (diasumsikan pengguna itu jujur), pengguna yang beragam ini bisa jadi salah satu efek yang ditimbulkan oleh kampanye TVC serta iklan media cetak yang bisa menyasar semua segmen.

Seperti juga yang dituliskan oleh e27, bahwa aktivitas pengguna Koprol yang cukup banyak terjadi diluar Jakarta, selain promosi yang cukup luas, aplikasi Koprol yang telah tersedia bagi pengguna ponsel berbasis Java juga sepertinya menambah penetrasi layanan jejaring sosial berbasis lokasi ini untuk mendapatkan pengguna dari luar kota besar serta mereka yang tidak menggunakan ponsel pintar.

Ini bukan yang pertama kita mendengar kabar lonjakan pertumbuhan Koprol dan saya yakin juga bukan yang terakhir, kita lihat perkembangan pertumbuhan pengguna Koprol beberapa bulan ke depan. Ada yang mau menebak kira-kira berapa jumlah pengguna mereka 3 bulan yang akan datang?

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×