1. Startup

Kompetisi Antar Pengembang Permainan Mobile Kembali Digelar Melalui Mobile Games Developer War (MGDW) 5

Ajang pencarian pengembang permainan mobile terbaik seantero Indonesia yang diprakarsai oleh Nokia, Mobile Games Developer War (MGDW), kembali digelar untuk kelima kalinya dengan workshop dimulai 26-27 Oktober mendatang di Madura. MGDW 5 rencana bakal menyambangi enam kota serta menyediakan hadiah puluhan juta untuk kategori Profesional, Special Challenge dan Rookie. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp 240 juta, terbesar sepanjang sejarah berlangsungnya MGDW.

MGDW 5 kali ini akan dikemas sebagai jembatan bagi pengembang lokal untuk melakukan penetrasi ke pasar global. MGDW 5, seperti periode kompetisi sebelumnya, tetap membawa semangat dan misi mencari pengembang permainan mobile yang memiliki mimpi besar dan menelurkan produk permainan mobile terbaik dan berkualitas.

Misi tersebut tak berlebihan jika dalam kompetisi MGDW sebelumnya ditemukan sejumlah startup pengembang permainan mobile yang lahir dan menelurkan karya populer. Pengembang tersebut, yang karyanya sudah kita kenal, antara lain Aksara Studio, Chocoarts, Creacle Studio, Solite Studio, Studio Independent dan Own Games.

Ada hal yang berbeda dari perhelatan kompetisi yang selalu menuai sukses setiap tahunnya. MGDW 5 kali ini akan fokus ke platform Windows Phone, baik versi 7 dan/atau versi 8, dan tidak lagi menawarkan kompetisi untuk kategori S40/Asha. Sisi krusial acara tahun ini memang ditandai peralihan divisi ponsel Nokia yang diakusisi oleh Microsoft, di mana Windows Phone merupakan platform mobile utamanya. Total hadiah MGDW 5 yang sangat besar mungkin dilandasi harapan semakin banyak pengembang mobile yang menghasilkan karya permainan terbaiknya di platform milik Microsoft ini. Untuk kategori profesional, juaranya akan memperoleh hadiah Rp 100 juta.

Untuk mengikuti kompetisi MGDW 5, pengembang harus memasukkan permainannya ke Windows Phone Store sebelum 20 Desember 2013 (dan tak lebih cepat dari 1 November 2013). Peserta juga sudah memasukkan data pendaftaran selambat-lambatnya 30 November 2013. Informasi lebih jauh mengenai kompetisi ini, seperti dukungan SDK, FAQ, persyaratan dan pendaftaran bisa diperoleh di laman ini. Selain Madura, workshop MGDW 5 akan menyambangi sejumlah kota besar, yaitu Surabaya, Malang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta di waktu yang bakal diumumkan kemudian.

[ilustrasi foto oleh: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again