1. Startup

Kompas.com Umumkan Investasi Untuk Urbanesia

PT Kompas Cyber Media yang merupakan induk perusahaan dari Kompas.com mengumumkan investasi pada startupUrbanesia.com.

Seperti yang dikutip dari Kompas.com aliansi Kompas.com dan Urbanesia.com berupa inventasi jangka panjang dan integrasi bisnis dan layanan. Edi Taslim, Vice Director PT Kompas Cyber Media mengatakan bahwa investasi Kompas.con pada Urbanesia bertujuan untuk memperkuat serta mengembangkan model bisnis dari Urbanesia. Investasi ini juga untuk mengembangkan agar produk dan layanan Urbanesia menjadi pilihan utama bagi pribadi dan bisnis.

Urbanesia sendiri merupakan layanan direktori yang memuat berbagai informasi gaya hidup dan tempat bisnis berdasarkan berbagai kategori yang ada di kota Jakarta. Mereka juga menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk menuliskan review serta mendapatkan poin.

Edi Taslim sendiri sebenarnya telah mengindikasikan kerja sama ini waktu acara Jakarta Ventures Nights 2012 yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu, namun tidak dijelaskan secara detail tentang kerja sama yang mereka lakukan. Dengan munculnya berita ini, menjadi jelas dukungan seperti apa yang akan diberikan oleh Kompas.com, setidaknya dalam bentuk investasi serta integrasi layanan. Meski nilai investasi berupa suntikan dana tidak disebutkan secara detail.

Selina Limman, CEO Urbanesia juga mengungkapkan bahwa kini Kompas.com adalah pemegang saham terbesar dari Urbanesia, tentunya dengan kondisi ini cukup menarik untuk melihat perkembangan apa yang akan terjadi dari layanan Urbanesia.

Masih mengutip dari Kompas.com, setidaknya dengan aliansi ini Urbanesia akan segera meluncurkan beberapa layanan, seperti Premium Business Profile, Urbanesia Coupon, Mobile Apps (selain untuk pengguna Android dan Nokia, yaitu untuk iPhone, BlackBerry dan Windows Phone) serta meluncurkan Urbanesia.com v2.

Kompas.com juga sejauh yang saya dengar memang akan memberikan perhatian/fokus mereka pada startup, entah dalam bentuk investasi atau kerja sama lain. Ini juga terbukti dengan munculnya kabar investasi Kompas ke Urbanesia. Beberapa waktu yang lalu juga Kompas sempat mengadakan KIAD, salah satu event yang juga mendukung perkembangan startup.

Satu hal yang saya lihat cukup menarik dari hal ini tentunya sumber daya yang dimiliki Kompas, integrasi layanan adalah yang patut dicermati. Kompas yang sejak 2008 mulai fokus ke digital terus meluncurkan berbagai layanan mereka, mulai dari QR code, AR untuk koran mereka, serta termasuk juga properti digital selain Kompas.com setidaknya mereka memilki Kompasiana.com, PasangIklan.com, GramediaShop dan berbagai layanan lain.

Urbanesia sendiri masih tercatat sebagai salah satu portofolio dari East Ventures, tentunya kita akan mencari informasi tentang posisi EV dengan investasi dari Kompas.com ini. Satu hal yang pasti, cukup lama juga saya tidak mendengar gebrakan dari Urbanesia, selain rilis beberapa layanan untuk perangkat begerak. Dan berita ini saya pikir bisa menjadi salah alasan untuk mencermati kembali apa yang akan terjadi pada Urbanesia (dan juga Kompas.com) dalam beberapa waktu mendatang.

Update: Anda bisa membaca rilis lengkap di NewsWire@DS dan blog post dari Urbanesia di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again