1. Startup

KlikMusik Punya Koleksi 60 ribu Lagu Siap Unduh Secara Legal

Tak disangkal, industri musik adalah salah satu industri yang terus populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Banyaknya penikmat dari berbagai kalangan, kini musik dapat diakses langsung dari perangkat kecil yang mudah dibawa oleh kita, salah satunya smartphone. Namun bagaimana jika musik yang kita miliki terbatas? KlikMusik memberikan solusi dengan mengizinkan pengguna mengunduh banyak sekali pilihan lagu dari berbagai genre musik, baik nasional maupun internasional, dan tentu saja secara legal.

Dengan merangkul beberapa major label dan independen dari Indonesia hingga mancanegara, KlikMusik mengakui telah memiliki 60.000 lagu yang tersedia untuk pengguna setia mereka. Mereka mengklaim, layanannya tersebut turut serta mengusung kreasi industri musik dengan gerakan anti pembajakan yang mengajak para penikmat musik khususnya di tanah air untuk membeli album dari artis favorit secara legal sebagai bentuk dukungan.

Aplikasi KlikMusik ini sendiri gratis dan telah tersedia di tiga platform smartphone yakni Android, BlackBerry, dan Nokia X, sayangnya untuk platform lain sepertinya belum ada keterangan lebih lanjut. Secara umum, fitur yang ditawarkan KlikMusik adalah search dan download kemudian nikmati puluhan ribu musik dengan kualitas tinggi langsung dari perangkat mobile Anda. Untuk membeli album atau lagu, KlikMusik bekerja sama dengan beberapa vendor penyedia voucher penjualan seperti Indomog, Kreon, Gudang Voucher, GameOn Voucher, dan IndoBooks Voucher.

Untuk menikmati layanan yang dihadirkan KlikMusik, pengguna bisa langsung mendaftarkan diri mereka menggunakan alamat e-mail, atau jika ingin mempersingkat dapat melalui Facebook, Twitter, dan Google. Setelahnya pengguna dapat mencari album atau artis favorit mereka, mendengarkan preview dari lagu hits terbaru, lalu mengunduh dan langsung memainkan lagu favorit mereka. Pengguna juga dapat menilai album atau lagu tersebut dengan pilihan Like dan Dislike. Jika tersedia, KlikMusik juga menghadirkan video klip dari suatu lagu. Pengguna dapat membagikan artis dan album favorit mereka melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Jika butuh referensi musik terbaru, KlikMusik juga memiliki layanan Top Chart dengan lagu-lagu pilihan diurutkan dari yang paling ngetrend. Tak hanya sampai di situ, pengguna juga dapat membaca berita dan info terbaru seputar dunia musik di Indonesia dan mancanegara.

Di ranah lokal, jika dilihat dari bentuk layanannya KlikMusik jelas bersaing dengan online music store semacam Melon dan bahkan Apple iTunes yang juga menawarkan segudang artis lokal untuk dijajakan. Melihat peta persaingannya, tentu KlikMusik mesti melakukan upaya lebih untuk mempromosikan namanya di tengah-tengah pemain besar tadi.

Namun untuk masa depan bisnisnya sendiri sepertinya layanan unduh lagu juga tak lama lagi akan tergeser oleh layanan streaming musik baik yang datang dari asing seperti Deezer, Guvera, Rdio, maupun yang datang dari lokal seperti Ohdio, dan lain sebagainya. Jika sudah begini, maka pertanyaannya sampai kapan KlikMusik dapat bertahan?

 

[ilustrasi foto: Shutterstock ]

 

-

Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs.Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%;Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly;Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in;Free: 100% free to download and use.Download Baidu Browser  http://goo.gl/WKlc5i

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again