1. Startup

Kiri Hadirkan Panduan Trayek Angkot Bandung

Tak ingin tersesat karena salah jurusan? Jika Anda sedang mengunjungi Bandung, atau memang menetap di Bandung namun belum hafal trayek angkutan umum di sana, kini dapat mengakses Kiri, sebuah layanan baru yang menyediakan segala informasi terkait transportasi umum yang akrab dikenal dengan singkatan “Angkot” ini.

Angkutan kota bisa dibilang menjadi salah satu moda transportasi umum yang diminati oleh sebagian masyarakat mulai dari wilayah pedesaan hingga perkotaan. Dengan ribuan trayek dan jenis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, tentu menghafal trayek angkot di masing-masing kota merupakan hal yang memusingkan. Belum lagi bagi pelancong domestik maupun asing, tentu dalam menggunakan transportasi umum ini akan sedikit terasa ribet jika tak mengetahui informasi lengkapnya lebih lanjut.

Diambil dari sebutan atau panggilan yang biasa dilakukan penumpang untuk memberhentikan angkot: “Kiri!” layanan baru bentukan Viroes Innovation Center ini merupakan situs yang menyediakan informasi terlengkap bagi pengguna yang ingin mencari informasi trayek angkot yang tersebar di seluruh penjuru kota. Tak tanggung-tanggung, dalam Kiri disematkan fitur peta yang dimotori oleh Google Maps sebagai fitur  utama dalam peta pencarian trayek angkot  yang dibutuhkan oleh pengguna.

Menawarkan layanan informasi bagi seluruh pengguna tentunya harus didukung dengan cara penggunaan yang mudah, asiknya, dalam website yang juga tersedia dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) ini dilihat telah menawarkan cara kerja yang cukup ringkas  dalam fitur pencarian yang dibutuhkan. Seperti halnya menggunakan fitur “Get Direction” pada Google Maps, pertama-tama pengguna hanya cukup memasukkan keterangan lokasi awal atau titik poin keberangkatan. Setelah itu, kemudian dilanjutkan dengan memasukkan keterangan lokasi tujuan sebagai pelengkap pencarian trayek yang dibutuhkan.

Tak membutuhkan waktu lama, hasil yang diinginkan dapat segera tertampil dengan tampilan yang interaktif dan yang pasti padat dengan informasi. Dalam Kiri ditampilkan hasil pencarian rute yang ingin dicari oleh pengguna lengkap dengan informasi trayek angkot yang melalui rute tersebut.

Seperti misalnya begini, ketika saya melakukan pencarian rute angkot dari Dago (Bandung) menuju Jl. Riau, hasil pencarian yang didapatkan ditampilkan secara detail seperti jalan mana saja yang harus dilalui dan juga trayek dan nomor angkot yang melewati rute tersebut. Dari pilihan rute tersebut, ditampilkan juga beberapa opsi rute yang dihadirkan sesuai dengan perkiraan jarak tempuh mulai dari yang terdekat hingga terjauh.

Fitur pencarian trayek angkot memang menjadi salah satu fokus dalam layanan yang ditawarkan oleh Kiri. Tak ayal, dalam lamannya terdapat pula panduan bagi pemula (beginner’s guide) yang ingin mencoba transportasi yang murah meriah ini. Disajikan dengan narasi yang kreatif dan mudah dibaca, guide bagi pelancong yang mungkin belum memahami seluk beluk bagaimana cara menggunakan transportasi ini dapat terakomodir dengan baik.

Kiri hadir sebagai layanan web yang dapat diakses baik melalui komputer ataupun smartphone melalui browser. Saat ini tampaknya belum ada rencana untuk menghadirkan Kiri sebagai sebuah aplikasi mobile setidaknya sampai Kiri selesai dikembangkan untuk versi pertamanya. Namun untuk pengguna Android ada aplikasi Rute Angkot Bandung oleh GITS Indonesia di Google Play yang menggunakan API Kiri sebagai basisnya, dan dapat digunakan secara offline.

Kebutuhan akan transportasi umum, sejatinya sangat diperlukan bagi seluruh lapisan masyarakat. Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu, tentu memberi dampak yang cukup terasa bagi masyarakat yang mengandalkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi sehari-hari untuk mencapai lokasi kerja, sekolah, dan lain sebagainya. Dari dampak tersebut, tentu banyak yang beralih kepada transportasi umum seperti angkot.

Dengan hadirnya Kiri sebagai salah satu travel guide bagi pelancong yang ingin menggunakan transportasi angkot, tentu ke depannya bukan hal yang tak mungkin jika Kiri dapat berpotensi besar diminati oleh sebagian pengguna.

Saat ini, layanan Kiri baru tersedia di area kota Bandung yang merupakan basis dari pengembangnya itu sendiri. Dijelaskan dalam laman resminya, Kiri dijanjikan akan diperluas ke kota-kota lain dan menjadi startup yang mampu menjawab permasalahan di masyarakat luas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again