1. Startup

Kilau Startup Peserta Demo Day Startup Sparxup 2012

Sesi siang rangkaian acara Sparxup 2012 hari ini diisi dengan demo day dari para pemenang Sparxup 2012. Para pemenang Sparxup berkesempatan untuk menjadi pemenang utama dan mendapatkan hadiah sebesar 150 juta Rupiah.

Selain hadiah berupa uang, Demo Day ini menjadi kesempatan bagi startup untuk mempromosikan dirinya. Demo Day ini tidak hanya dihadiri oleh juri dan peserta, tetapi juga mengundang investor dan media. Karenanya, peserta yang mampu menunjukkan produk yang menyakinkan dalam acara ini, bisa mendapat kesempatan investasi dan promosi.

Juri untuk demo day ini adalah Shinta Dhanuwardoyo (Nusantara Ventures), William Henley (IndoSterling Capital), Edi Taslim (Kompas.com) dan Aulia Masna (DailySocial). Secara bergantian setiap startup mempunyai waktu lima menit untuk presentasi.

Pulsk adalah sebuah platform social konten. Jika Anda belum pernah mendengarnya, ini karena sosial media ini baru hadir sejak dua minggu yang lalu. Pulsk mirip dengan jejaring sosial terkenal, 9gag. Bedanya pengguna bisa menambahkan deskripsi singkat dari konten utama berupa gambar atau video. Pengguna bisa mem-”Wow” konten dari pengguna lain. Tampilan Pulsk mirip dengan tampilan Pinterest.

TemanAnak adalah sarana bermain dan belajar untuk anak dan orang tua. Anak bisa bermain dan belajar berbagai macam kategori seperti benda, bentuk, musik dan sebagainya. Selain mengenal gambar dan suara, anak juga bisa belajar berbagai origami. Dilihat dari kontennnya TemanAnak ditujukan untuk anak usia Taman Kanak-Kanak.

DapurMasak adalah sebuah jejaring sosial untuk mereka yang suka masak. DailySocial sudah pernah membahas tentang pemenang Inaicta 2012 ini di halaman ini. Tim DapurMasak, mendemonstrasikan pengguna platform mereka dalam demo day ini.

MailBird adalah sebuah aplikasi email klien untuk Windows. Aplikasi ini membantu pengguna untuk bisa produktif dalam menangani email-emailnya. MailBird ini mempunyai fitur standar email klien. Selain itu ada juga fitur quick compose dan quick response untuk membantu pengguna menangani email secara efektif.

VealVree adalah aplikasi yang membantu pasangan yang akan menikah untuk mengatur rencana pernikahan mereka. Ada fitur undangan pernikahan, daftar kebutuhan (check list), pengaturan keuangan, dan teammate. VealVree saat ini masih merupakan prototype. Nantinya aplikasi ini akan menjadi aplikasi berbayar.

Garuda Games adalah produsen dari games seperti SteamPunk, SteamOps, juga aplikasi-aplikasi EduGames seperti Row Your Boart, Burger Frenzy juga aplikasi-aplikasi mobile lain. Berdiri sejak Januari 2012, Garuda Games sudah mempunyai sekitar 50 aplikasi di iTunes. Faunia Rauncher adalah game yang mempunyai game play mirip dengan tamagochi, namun dengan banyak permainan yang lebih lengkap. Game ini sudah pernah dibahas di DailySocial di halaman ini.

ShoppingMagz adalah sebuah majalan digital yang bisa dibuka di situnya di halaman www.shoppingmagz.com. Majalah digital ini bisa menampilkan animasi dan video dalam halamannya. Yang paling keren, iklan di majalah digital bisa diklik langsung sehingga konsumen bisa dapat langsung membeli barang yang diiklankan. Selain barang, konsumen juga dapat membeli lagu yang dibahas di halaman Shopping Magz.

Tiket adalah sebuah startup yang menjual banyak tiket mulai dari tiket hotel, pesawat, kereta api, film, dan event seperti konser. Sejak kemunculannya setahun yang lalu, Tiket sering menambah fitur dan merilis aplikasi sehingga sering dibahas di DailySocial.

TrackPacking adalah semacam sosial media untuk backpacker. Fitur-fitur dalam TrackPacking memungkinkan backpacker dan traveller untuk berbagi berbagai hal yang dibutuhkan dalam perjalanan seperti hotel, tujuan wisata, dan sebagainya. Pengguna juga dapat berbagi cerita dan foto perjalanan mereka. Saat ini baru lokasi-lokasi wisata di Indonesia yang ada dalam TrackPacking.

Dilacak adalah sebuah platform untuk memantau armada untuk perusahaan transportasi. Perusahaan dapat memantau secara realtime armada yang mereka miliki. Selain lokasi, perusahaan juga bisa memantau kecepatan dan status bahan bakar armada tersebut. Ada juga fitur route untuk memerintahkan sebuah armada menempuh suatu route perjalanan.

Harpoen adalah sebuah aplikasi berbasis lokasi. Dengan aplikasi ini pengguna dapat meninggalkan jejak di mana pengguna tersebut berada. Aplikasi ini pernah dibahas oleh DailySocial di halaman ini. Saat ini Harpoen sedang mempersiapkan versi 2.0 dari aplikasinya.

MyEdisi menyediakan layanan untuk pengguna dapat membaca majalah secara gratis. Saat ini ada beberapa artikel dari edisi terbaru majalah dan tabloid Indonesia. Ada banyak majalah yang telah bekerja sama dengan MyEdisi. MyEdisi juga akan bekerja sama dengan berbagai penerbit untuk menjual koran atau majalah secara digital.

Mayoritas startup mempunyai produk dan bisnis yang menarik. Juri akan mempunyai pekerjaan yang cukup berat untuk menentukan startup terbaik dan paling menjanjikan dari semua startup yang menarik dan menjanjikan ini.

Sayangnya, hanya beberapa yang menghadirkan presentasinya dalam bahasa Inggris. Padahal yang hadir dalam demo day ini banyak yang berasal dari luar negeri. Pemenang dari demo day startup ini akan diumumkan pada awarding night Jumat malam besok.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again