1. Startup

Kesempatan Menjadi Trendsetter Sekaligus Berjualan Lewat Clozette Daily

Adanya jejaring sosial Twitter menghadirkan selebritas baru di luar media mainstream seperti televisi yang sering dikenal dengan nama selebtwit. YouTube pun telah berulang kali melahirkan artis-artis baru sebagai alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan hiburan baru di luar yang disuguhkan oleh stasiun televisi. Nantinya, bisa jadi akan ada selebritas yang menjadi trendsetter fashion di Indonesia, lewat sebuah jejaring sosial fashion baru, Clozette Daily.

Clozette Daily merupakan website terbaru dari Female Daily Network bekerja sama dengan perusahaan asal Singapura, Clozette Pte Ltd. Dengan jejaring sosial fashion ini, perempuan Indonesia dapat saling berbagi pengalaman, mencari inspirasi dan referensi serta berburu tren tidak hanya fashion, tetapi juga gaya hidup.

Jejaring sosial ini memungkinkan anggotanya untuk saling bersosialisasi layaknya Twitter, pengguna bisa mempunyai follower dan mem-follow orang lain. Karena basis yang dipakai adalah fashion, tentu saja ini peluang untuk lahirnya trendsetter fashion baru dari kalangan masyarakat biasa. Tidak hanya untuk golongan sosialita yang mempunyai anggaran besar untuk fashion, Clozette Daily memungkinkan adanya berbagai golongan orang yang bisa menjadi trendsetter. Misalnya untuk mereka yang memakai hijab atau konsep pakaian yang sederhana tapi menarik, termasuk dengan anggaran yang tidak mahal.

Clozette Daily mempunyai fitur Looks, dimana pengguna dapat mengunggah foto dirinya yang mengenakan pakaian, make-up, atau aksesoris tertentu. Pengguna juga dapat menampilkan koleksi fashion terbaru yang mereka beli melalui fitur Recent Purchase serta daftar koleksi yang ingin mereka beli dalam fitus Wish List. Tinggal pilih model fashion yang ingin dipopulerkan, seorang pengguna yang memiliki selera fashion bagus bisa menjadi selebritis baru dalam dunia fashion di Indonesia.

Dilengkapi Dengan E-Commerce

Terkait dengan fitur Recent Purchase dan Wish List ini, Female Daily Network melengkapi Clozette Daily dengan fitur marketplace yang diberi nama Market Plaza. Fasilitas ini memungkinkan pengguna tidak hanya menjadi trendsetter, sekaligus juga menjual barang-barang koleksi fashion mereka.

Saat ini fitur Market Plaza dapat dinikmati oleh semua pengguna secara gratis. Namun dalam beberapa bulan mendatang, pengguna yang berjualan di Market Plaza ini juga akan dikenai biaya 150 ribu Rupiah. Pengguna yang telah menjual setidaknya 20 produk dalam Market Plaza ini akan bisa mempunyai toko sendiri di marketplace ini.

Menurut co-founder Female Daily Network, Hanifa Ambadar, Clozette Daily ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan wanita untuk menjadikan teman mereka sebagai referensi fashion. Selain mencari referensi, mereka juga suka untuk memberikan rekomendasi kepada orang lain terkait dengan fashion. Dari kebutuhan inilah lahir ide untuk membuat Clozette Daily.

Dibandingkan dengan e-commercefashion lain yang telah ada seperti FimelaShop, Laavaa, Scallope dan sebagainya, Market Plaza dalam Clozette Daily mempunyai keunggulan berupa karena adanya fitur jejaring sosial dalam Clozette Daily. Ini menjadi poin penting bagi Clozette Daily untuk bisa bersaing atau bahkan mengungguli situs e-commercefashion lainnya.

Faktor penting lain yang menjadikan Clozette Daily mampu bersaing adalah faktor Female Daily Network sendiri. Sebagai blog fashion yang telah berdiri sejak tahun 2005, Female Daily Network tentunya telah mengerti banyak hal terkait dengan dunia fashion di Indonesia.

Ide untuk membuat sebuah e-commercefashion sendiri telah muncul sejak akhir tahun lalu, saat Female Daily Network mendapatkan investasi dari seorang angel investor. Ide ini akhirnya digabungkan dengan jejaring sosial dengan bekerja sama dengan Clozette.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again