1. Startup

Kaskus untuk iOS Diperbarui, Masih Banyak Bug di Sana-Sini

Bekerja sama dengan Apps Foundry, Kaskus sebagai platform forum terbesar di Indonesia meluncurkan aplikasi resmi untuk iOS secara unversal dan bekerja untuk iPhone dan iPad. Dengan persyaratan minimal iOS 3.0, saya yakin masih dapat bekerja dengan handset versi lama, misalnya iPhone 3G atau bahkan iPhone generasi pertama. Apps Foundry kita kenal sebagai pembuat sejumlah aplikasi mobile ternama, seperti Scoop untuk iPad.

Saya tidak ingat kapan Kaskus pernah meluncurkan aplikasi untuk iOS tapi aplikasi yang sekarang sudah memiliki versi 2.0, di mana berdasarkan laman iTunes-nya, selain penambahan dukungan terhadap iPad, versi baru ini mengklaim memberikan perbaikan terhadap sejumlah bug dan peningkatan performa. Sebelumnya Kaskus juga sudah memiliki aplikasi untuk platform BlackBerry, Java dan Symbian.

Meskipun tampilannya cukup menarik, sayang sekali versi yang dirilis per tanggal 16 Juni ini nampaknya masih banyak mengandung kesalahan. Saat pertama kali login ke akun saya misalnya, selain otentikasi yang lama, perpindahan ke menu yang satu dan yang lain pun memakan waktu yang sangat lama, meskipun saya menggunakan jalur koneksi Internet yang cukup cepat saat ini. Beberapa kali terjadi crash terhadap aplikasi ini dengan penyebab yang acak di berbagai menu.

Cara aplikasi ini menampilkan thread kurang menyenangkan baik di sisi UI maupun sisi UX. Selain itu, aplikasi iOS Kaskus malah menampilkan balasan suatu thread dengan menu Show Replies, buat saya ini malah mengurangi experience berforum yang selama ini dinikmati oleh pengguna Kaskus. Untuk suatu aplikasi yang dianggap siap rilis untuk publik, ini termasuk suatu "kegagalan". Tidak heran jika di thread perkenalan aplikasi iOS ini para pengguna Kaskus mengamini pernyataan "masih lebih nyaman mengakses Kaskus lewat Mobile Safari, ketimbang menggunakan aplikasi ini".

Saya pribadi menyambut baik diluncurkannya aplikasi ini karena menambah opsi pengaksesan bagi pengguna. Tapi tentunya dari sisi pengembang harus dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar bekerja. Ingat bahwa semua orang tahu pengguna Kaskus sudah jutaan sehingga alasan overload tentu saja tidak bisa diterima. Pengembang harus mempertimbangkan bagaimana mengoptimalisasi pengaksesan supaya pengguna nyaman menggunakannya dan mempertimbangkan aplikasi ini sebagai sarana utama saat mengakses Kaskus. Semoga ada perbaikan dalam waktu dekat.

Disclosure: DailySocial dan Kaskus berada di bawah induk perusahaan yang sama

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again