Opini 

Kaskus Perkenalkan Kaspay (UPDATED)

Kaskus Perkenalkan Kaspay (UPDATED)

Posted by
Yoga Nandiwardhana

November 10, 2009

logo_kaspay

Bertepatan dengan ultah ke-10nya, Kaskus membeberkan tiga rencana besar mereka, yaitu Payment System, E-Commerce, dan Mobile Kaskus. E-Commerce di sini yang dimaksud adalah marketplace, alias merombak Forum Jual Beli mereka yang super rame itu menjadi sebuah pasar online yang lebih rapi dan terorganisir. Sedangkan Payment System yang akan dibuat untuk mendukung ini adalah Kaspay.

Nah untuk tahu lebih banyak tentang yang terakhir ini, kemarin DailySocial.net diberi kesempatan ngobrol langsung dengan founder Kaskus Andrew Darwis, CEOnya Ken Dean Lawadinata, dan Senior Programmer untuk Kaskus dan Kaspay, Satria Pinandita di kantor Kaskus. Simak hasil ngobrol-ngobrolnya berikut ini.

DailySocial (DS): Thanks banget udah meluangkan waktunya untuk ngobrol-ngobrol nih guys. Kita tertarik banget nih dengan Kaspay, secara payment system kan merupakan salah satu aktivitas online yang rada mentok di Indonesia, ngga maju-maju. Bisa diceritain dikit tentang Kaspay ini?

Kaskus (K): Yang pasti tujuan kita bikin Kaspay adalah mempermudah pembayaran ke merchant. Selama ini emang udah ada sih beberapa metode pembayaran lainnya tapi kayaknya rada terkotak-kotak, misalnya untuk gaming doang. Nah kita bikin yang terbuka buat siapa aja. Untuk awalnya ini kita bikin buat beli pulsa telepon. Kekuatan kita adalah kita udah punya massanya (member Kaskus) yang udah percaya dengan nama kita, dan kita bisa bawa itu ke merchant supaya mereka yakin dengan produk ini.

DS: Jadi target Kaspay ini untuk B2B, B2C, atau C2C atau gimana?

K: Semua. Rencana ke depannya adalah menggunakan Kaspay ini untuk FJB, yang akan dijadikan marketplace. Sementara ini kita juga mengurus soal regulasi dari Bank Indonesia, sambil paralel kita mengembangkan marketplace. Untuk perijinan ini sendiri sih sebenernya belum ada yang baku ya.

Cara kerja Kaspay bisa dibilang sangat mudah. User tinggal membuat akun di Kaspay, kemudian meregistrasikan nomor rekening bank mereka. Setelah itu mereka bisa “top-up” atau mengisi saldo Kaspay mereka dengan cara transfer ke rekening bank milik Kaspay. Saldo mereka inilah yang nanti akan dipakai untuk bertransaksi dengan merchant-merchant yang mendukung Kaspay.

DS: Kalo untuk sisi user-to-user berarti kurang lebih sama dengan Rekening Bersama dong ya.

K: Beda sih, karena kita mentargetkan ke merchant juga. Diharapkan juga Kaspay ini bakal lebih user-friendly dan universal ke user-user kita.

DS: Sekarang kan metode top up-nya ini adalah dengan transfer ke rekening BCA, ada rencana untuk metode lain, credit card mungkin?

K: Bisa aja sih, kalau memang nanti demand dari usernya ada, kita siap untuk buka channel lain. Untuk credit card kita bisa jalan dengan BCA, juga sudah ada pihak lain yang nawarin solusi serupa. Semua tergantung demand dari user aja nanti, kalau credit card soalnya kan akan kena charge 3%.

DS: Nah dari sisi regulasi lagi nih,udah seberapa jauh obrolan Kaskus dengan badan yang berwenang?

K: Iya pastinya kita udah approach mereka, dan makanya untuk awal ini juga kita launchnya adalah untuk beli pulsa dulu, sekaligus untuk memperkenalkan sistem ini. Saat ini kita belum ada sistem redeem atau menerima pembayaran langsung, nah di situ yang nantinya butuh regulasi. Yang ada sekarang kurang lebih kan transaksi jual-beli biasa. Nantinya kita juga akan kerjasama dengan bank untuk langkah yang lebih jauh.

DS: Kemudian gimana business modelnya Kaspay ini, kan katanya ngga akan membebankan ke user?

K: Kita akan kenakan charge ke merchant nantinya. Untuk tiap transaksinya akan kita kenakan charge kecil, kurang lebih seperti kalau pakai credit card aja, sebenarnya kan si credit card itu ngecharge ke merchantnya juga, tapi kita akan usahakan agar chargenya lebih rendah dari itu.

DS: Jadi nantinya bakal nyediain semacam API untuk merchant-merchant gitu?

K: Iya.. Lalu kita juga akan integrasi ke Kaskus Mobile, kita akan mengembangkan On Device Portal di Blackbery & Symbian, dan nantinya jadi orang bisa transaksi pakai mobile device mereka.

Untuk tahap awalnya, Kaskus menawarkan jasa pengisian pulsa handphone dengan membayar lewat Kaspay. Kebutuhan beli pulsa ini emang bisa dibilang udah jadi komoditas yang sangat menarik, dan kemudahan dengan Kaspay ini diharapkan bakal mendorong tumbuhnya industri-industri kecil baru.

DS: Terus kegunaan untuk jangka pendeknya setelah jual pulsa apa nih?

K: Setelah pulsa mungkin kita akan coba jual merchandise Kaskus juga. Setelah semua lancar dan orang-orang familiar, baru kita akan buka ke merchant.

DS: Duluan mana, ke merchant atau ke marketplace?

K: Bareng aja sih. Sebenernya kita ngga mau mensinonimkan Kaspay ini dengan Kaskus. Keduanya kita treat sebagai dua entitas terpisah. Siapa aja yang mau gabung pakai Kaspay, kita terbuka. Syaratnya untuk kerjasama tentu aja harus dengan perusahaan yang jelas, PT yang punya SIUP/NPWP dll.

DS: Hmm oke, menarik banget nih. Moga-moga aja nantinya bakal bisa mendukung majunya transaksi online di Indonesia yah. Eh jadi kapan nih resminya launch?

K: Kita targetin di minggu ini buat tahap pertama yang beli pulsa itu. Untuk yang dengan merchant lainnya, di akhir tahun ini.

DS: Oke, oke. Sekali lagi terima kasih banyak buat waktunya ya guys!

Memang Kaspay ini belum bisa dibilang payment system yang ideal. Di antara kekurangannya, masih ada langkah semi-offline yaitu transfer ke Kaspay untuk mengisi saldo. Untuk sisi kemudahannya juga baru bisa kita buktikan untuk beli pulsa, perlu kita lihat lagi sampai kita bisa benar-benar menggunakannya untuk beli barang, baik di merchant maupun di marketplace nanti.

Tapi jika nantinya didukung dengan ribuan penjual di forum mereka, mungkin level layanan yang “good enough” seperti ini akan dijabanin juga oleh pengguna.

Nah gimana menurut lo tentang Kaspay ini? Juga buat elo-elo yang masih pengen tau lebih banyak tentang Kaspay, silakan tulis komentar di bawah ini. Nanti kita akan coba jawab atau akan kita sampaikan pertanyaan/saran/usul/celaan ke tim Kaskus langsung deh.

***UPDATE*** 2009/11/10 17:50 Kaskus telah resmi meluncurkan E-Pulsa, tempat membeli pulsa (ya apa lagi coba) dengan metode pembayaran dengan Kaspay. Selamat mencoba!

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×