Opini 

Kaskus Goes Symbian!

Kaskus Goes Symbian!

Posted by
Rama Mamuaya

April 14, 2010

Setelah merilis aplikasi native Blackberry, akhirnya Kaskus secara resmi merilis aplikasi native untuk Symbian. Aplikasi berbasis Java ini nantinya akan berjalan diatas handphone mayoritas seperti Nokia dan Sony Ericsson. Kalau diperhatikan saat ini, Blackberry dan Nokia merupakan 2 perangkat mobile paling populer di Indonesia dan pasar penggunanya pun sangat banyak.

Kaskus ODP (On-Device Portal) ini secara resmi dirilis pagi ini dan bisa diunduh di odp.kaskus.us lewat perangkat mobile Symbian.  Kaskus ODP ini memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti Forum Jual Beli /FJB (Post & Search), Hot Thread (Subscribe, Post & Reply), Forum (Post & Reply), Profile, Messages (Visitor & Private), dll; semuanya dapat diakses langsung dari ponsel berbagai merk dan tipe (yang mendukung Java / MIDP2).

Untuk sementara aplikasi bersifat Free Trial, agak bingung juga sih mendengarnya. Apakah mereka berencana untuk membuat aplikasi ini menjadi berbayar? Atau cukup memasang iklan di aplikasi tersebut? Saya pikir pilihan kedua lebih logis mengingat komunitas pengguna Kaskus yang sangat sensitif, saya sih agak kecewa jika harus membayar untuk menggunakan aplikasi Kaskus ODP ini.

Dengan langkah ini, sangatlah mungkin dan masuk akal jika Kaskus mengklaim dirinya sebagai komunitas online terbesar di Indonesia. Dengan traffic yang sangat besar, lalu ditambah lagi dengan ODP untuk Blackberry dan Symbian tentu akan mendongkrak popularitas Kaskus (tentu traffic juga bertambah).

Bagaimana pendapat anda mengenai strategi Kaskus yang merilis ODP Symbian ini?  Kami tunggu pendapatnya di kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×