Opini 

Kaskus Bikin Real-time Search?

Kaskus Bikin Real-time Search?

Posted by
Wiku Baskoro

December 9, 2009

Pagi-pagi kemarin, ketika sedang mereview bacaan tentang Google search yang baru, saya cukup dikejutkan oleh sebuah tweet dari agan mimin Kaskus. :)

Berikut screen shoot-nya :
kaskus

Entah kebetulan atau tidak, semalam sebelumnya Google mengadakan sebuah event berjudul Google search event dan kini komunitas on-line terbesar yang saya saluti ini juga akan membuat versi search real time mereka. Yeah!!!!

Belum ada rilis resmi dari update ini (atau mungkin saya yang tidak menemukan :D) tapi saya mencoba membayangkan akan seperti apa nantinya new Kaskus search ini. Saya juga mencoba bertanya pada teman saya yang juga salah seorang kaskuser yang aktif dalam FJB tentang bagaimana pendapat dia atas fungsi search Kaskus dan hal seperti apa yang diharapkan oleh dia.

Dalam sebuah komunitas yang sangat besar seperti Kaskus, tentu fungsi pencarian akan sangat vital, agak tidak mungkin juga sepertinya jika kita mencari barang lalu harus membuka thread satu persatu dan melihat setiap thread yang ada, bisa aja sih ini dilakukan tapi, tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Fungsi search, seperti juga yang diceritakan oleh teman saya yang menjadi salah satu pelanggan FJB di Kaskus adalah untuk memudahkan. Memudahkan dalam mencari barang yang akan dibeli, memudahkan untuk mencari bandingan harga, memudahkan untuk mengecek ada barang apa saja yang dijual di FJB. Ini adalah prinsip sederhana dalam berdagang, dimana saling mengecek barang dan bandingan harga adalah hal lumrah.

Fungsi search dalam sebuah situs, adalah sangat Krusial, setidaknya bagi user generated seperti Kaskus. Dan itu baru contoh untuk salah satu bagian dari apa yang disediakan Kaskus, karena Kaskus bukan hanya FJB tapi masih ada forum, blog, serta layanan lain, dll.

Dan, kemudian saya juga mencoba membayangkan akan seperti apa real time search versi Kaskus. Saya membayangkan seperti ini : misalnya saya akan mencari kamera lomo, saya search dengan kata kunci lomo, kemudian akan muncul beberapa thread tentang lomo yang berasal dari berbagai user, nah saya membayangkan nantinya, fungsi search real-time ini akan menampilkan update dari user lain, jika mereka memberi komentar termasuk balapan komentar pertamax, atau ada thread baru dengan kategori yang sama, atau jika ada perubahan status barang menjadi terjual, sampai update penawaran dari kaskuser lain, dan semuanya real-time serta notification yang ada, muncul tanpa membuka thread.

Yup, sekilas ini memang mirip dengan Google search yang baru, saya juga membayangkannya hampir mirip dengan itu tapi tentu dengan menyesuaikan pada karakter kaskuser lokal, dan kebiasaan internet mereka. Saya yakin Kaskus punya data tentang behavioral para kaskuser, misalnya teman saya yang aktif di FJB itu, mungkin akan lebih sering menggunakan fungsi search untuk mencari barang tertentu, membandingkan harga, dan mengecek perkembangan yang berhubungan dengan barang dagangan dan komunitas dia, ini tentu akan berbeda dengan saya misalnya, yang menggunakan Kaskus untuk mencari barang-barang yang saya sukai dan mencari berita-berita apa yang menjadi hot thread di komunitas yang memiliki 1.255.229 member ini.

Tapi apapun tentang Kaskus bagi saya adalah menarik, mulai dari member yang begitu besar, posting yang sangat dinamis, sampai dunia kaskus yang sangat unik, mulai dari bahasa mereka yang khas, user generated konten yang saling mengawasi dan moderasi yang demokratis, saya kira memang pantas jika Kaskus menjadi kiblat komunitas online di tanah lokal.

Dan saya tentu menunggu release resmi real time search result dari Kaskus.

Bagaimana dengan pendapat anda? Mari, share komentar anda pada kolom komentar.

nb: kebetulan ketika saya menulis artikel ini Andrew Darwis sedang on air di salah satu radio Bandung :)

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×