Berita 

Kartumuu Luncurkan Fasilitas Bisnis (Updated)

Kartumuu Luncurkan Fasilitas Bisnis (Updated)

Posted by
Wiku Baskoro

August 27, 2011

Mungkin sebagian dari para pembaca sudah mulai liburan, sedang packing atau sudah bercengkrama dengan keluarga besar menyambut Lebaran tahun ini. Tapi tunggu dulu, momen tertentu bisa menjadi salah satu sarana bagi para startup dalam menjalankan program mereka, salah satunya adalah Kartumuu.com.

Layanan media sosial yang memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk mengirimkan kartu digital ini mengumumkan lewat press release kemarin sore pada redaksi DailySocial bahwa kini mereka telah siap dengan fasilitas bisnis mereka, Kartumuu Business, yang membatu brand dalam melakukan kampanye online.

Ada tiga layanan utama yang dijelaskan lewat rilis dari fasilitas bisnis Kartumuu ini, yang pertama adalah halaman khusus untuk brand (profile page) di Kartumuu, jadi setiap brand bisa memiliki halaman khusus dengan desain yang tentunya disesuaikan dengan brand tersebut.

Yang kedua, kontes kartu ucapan yang temanya disesuaikan dengan keinginan brand, kontes ini juga bisa dilengkapi dengan hadiah menarik bagi pengirim yang beruntung. Kartumuu juga menjelaskan bahwa desainnya bisa disediakan oleh brand atau tim Kartumuu, proses kirim kartu ini juga bisa dikirimkan melalui Twitter dan Facebook.

Dan yang ketiga adalah konten desain kartu. Kontes ini bisa melibatkan desainer dan anggota layanan Kartumuu. Kontes desain diadakan sesuai dengan tema dari brand, nanti desain terbaik akan ditampilkan di website Kartumuu, penentuan pemenang juga akan melibatkan member Kartumuu dan desain yang paling banyak dikirim akan menjadi pemenang.

Seperti yang dituliskan di atas, peluncuran fasilitas bisnis ini bisa jadi ditepatkan dengan momen Lebaran, karena Kartumuu juga telah mengadakan kerja sama dengan Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) untuk menyambut momen Lebaran. Tersedia berbagai kartu ucapan dengan program promosi bagi CCAI, karena ada keterangan singkat tentang CCAI di kartu ucapan. Ditambah juga dengan hadiah Galaxy Tab bagi mereka yang mengirimkan kartu ucapan terbanyak.

Karena bentuknya yang media sosial tentu program ini dilengkapi juga dengan elemen media sosial, seperti yang dibaca di mekanismenya, ada langkah untuk follow akun Twitter CCAI dan Like Facebook Page juga, plus kartu ucapan dikirimkan lewat Twitter.

Sejauh yang saya tau, program yang disesuaikan dengan momen tertentu serta kerja sama promosi dengan brand sebetulnya sudah pernah dilakukan oleh Kartumuu, namun kini programnya terlihat lebih lengkap dan tertata lebih baik.

Kartumuu akan memasuki masa setahun layanan, mereka juga telah mendapatkan investasi (update di bawah) dari InvestIdea, meski baru akan memasuki tahun pertama layanan, tentunya penguna Kartumuu sudah mulai bisa dikelola untuk program promosi bersama dengan brand.

Selain promo bersama brand secara online, Dhiku Hadikusuma dari Kartumuu juga menjelaskan bahwa Kartumuu akan melakukan aktivitas offline dengan brand melalui acara Social Media Festival, gelaran acara dimana DailySocial juga ikut serta dalam penyelenggaraannya.

Kerja sama dengan brand, atau menyediakan layanan sebagai sarana promosi oleh brand memang bisa jadi salah satu strategi untuk mendapatkan pemasukan atau strategi bisnis dari startup, kita juga bisa melihat program yang mirip dengan ini yang dilakukan GantiBaju dan Rockto.com, yang bisa juga dijalankan bertepatan dengan momen tertentu yang sedang berjalan di Indonesia, seperti yang juga dilakukan Kartumuu.

Kita lihat bagaimana efek dari program promosi, baik bagi brand atau Kartumuu sendiri, serta bagaimana tanggapan pengguna atas fasilitas ini.

Update: Saya baru saja membaca salah satu komentar Dhiku di milis Startuplokal bahwa Kartumuu tidak jadi mendapatkan investasi dari InvestIdea. Saya akan mencoba untuk mengontak pihak Kartumuu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×