1. Startup

Kantor Yahoo! Indonesia Resmi Tutup Akhir Tahun Ini

Kabar akan ditutupnya kantor Yahoo di sejumlah kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia akhirnya menjadi kenyataan. Pihak Yahoo Asia Tenggara membenarkan rumor yang selama ini beredar bahwa Yahoo akan menutup kantornya di Indonesia akhir tahun ini. Sebelumnya, artikel TechCrunch mengungkapkan bahwa kantor Yahoo Vietnam di Ho Chi Minh City sudah ditutup lebih dahulu pada kuartal ketiga tahun 2014.

Pernyataan resmi Yahoo Asia Tenggara menyebutkan, "Kami telah memberitahu karyawan kami di Indonesia bahwa kami telah membuat keputusan yang sulit untuk menutup kantor pada akhir tahun. Keputusan ini merupakan bagian dari upaya global Yahoo untuk merampingkan operasi yang akan membantu kita menjalankan (operasional) dengan cepat dan memberikan efisiensi lebih, kolaborasi dan inovasi.

Indikator awal bahwa bisnis Yahoo di Indonesia tidak lagi menjadi prioritas, sebenarnya bisa dilihat sejak pengunduran diri Roy Simangunsong sebagai Country Manager dan Sales Director Yahoo Indonesia akhir Januari lalu yang tak lagi diisi. Selain itu selentingan rumor perampingan Yahoo! yang akan memangkas biaya operasinya di Asia untuk lebih fokus ke pasar A.S. dan akan memusatkan operasinya di Asia Tenggara ke Singapura dapat dikatakan sebagai alasan lainnya.

Pihak Yahoo juga menyampaikan terima kasih kepada karyawannya di Indonesia atas semua kerja keras mereka dan kontribusi terhadap Yahoo selama bertahun-tahun ini. Mereka juga memastikan untuk tidak sepenuhnya keluar dari pasar Indonesia meskipun kantor Yahoo di Indonesia ditutup.

"Yahoo masih berkomitmen untuk Indonesia dan kami akan terus memberikan produk berkualitas dan pengalaman lebih bagi pengguna dan pengiklan di sini. Produk dan layanan Yahoo untuk pasar ini akan terus didukung dari kantor regional kami di Singapura," jawabnya.

Di Indonesia, Yahoo sebenarnya memiliki bisnis pengelolaan berita (terutama agregasi berita) melalui tim editorial dan penawaran slot iklan oleh tim penjualan. Namun dengan himpitan popularitas iklan di platform Google dan juga di platform Facebook, sepertinya sulit bagi tim penjualan Yahoo untuk menawarkan produknya meskipun situs berita Yahoo Indonesia sendiri cukup populer.

Dalam pernyataan yang kami terima, pihak Yahoo berjanji untuk memperlakukaan karyawan yang terkena dampak dari penutupan kantornya dengan hormat dan adil. Beberapa bahkan telah ditawarkan pilihan untuk relokasi tergantung kebutuhan bisnis. Tak diungkapkan berapa jumlah karyawan Yahoo di Indonesia, Malaysia, dan Vietnam yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan yang akan dipindahkan ke Singapura.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again