1. Startup

Kaleidoskop DailySocial 2014

Waktu terus berlalu, kini tahun 2014 tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Selama kurun waktu 12 bulan ini ada banyak kejadian menarik yang terjadi di dunia teknologi dan startup di Indonesia. DailySocial mencoba merangkumnya dalam kaleidoskop 2014 berikut ini.

Januari 2014

Dibuka dengan berita mengenai penutupan layanan Jajalindo, berita menarik yang terjadi pada bulan ini adalah pendanaan Seri C $25 juta (lebih dari Rp 304 miliar) yang diperoleh layanan media sosial Path. Putaran kali ini dipimpin oleh Bakrie Global Group. Dana tersebut digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna, melanjutkan strategi pengembangan pendapatan, dan mengejar terobosan inovasi. Pada bulan yang sama Abraresto, PricePanda, DapurMasak, dan Bilna juga memperoleh kucuran dana dari berbagai investor

Februari 2014

Di bulan kedua, investasi sebesar $1 miliar yang digelontorkan oleh Foxconn untuk bangun pabriknya di DKI Jakarta adalah yang menjadi perhatian utama. Keputusan ini diperkuat dengan pendatanganan nota kerja sama antara  Chairman Foxconn Terry Gou dan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo (Jokowi). Selain itu berita mengenai akuisisi Viber oleh Rakuten sebesar $900 juta dan akuisisi migg33 (migme) terhadap Alivenotdead juga cukup mencuri perhatian. Foodpanda dan Bukalapak juga memperoleh tambahan pendanaan di bulan ini.

Maret 2014

Bulan Maret adalah penghunjung cerita dari kisah perjalanan panjangproses akuisisi XL Axiata terhadap Axis. XL Axiata mengumumkan telah mengakuisis Axis dengan nilai mencapai $ 865 juta atau lebih dari Rp 9 triliun setelah saling sepakat menandatangani pembelian, dan telah mengantongi restu dari pihak regulator dan KPPU. Di bulan yang sama marketplace Elevenia juga resmi hadir. Sedangkan pendanaan yang turun pada bulan ini diperoleh Luxola, BerryKitchen, dan JFDI.

April 2014

Toko e-commerce Shopdeca menjadi  e-commerce Indonesia pertama yang berkembang melampaui pasar domestik dengan memperluas pasarnya ke Singapura dan mengakuisisi Eriin pada bulan April setelah memperoleh pendanaan putaran kedua dari Polaris Digimedia. Di bulan ini, CookPad mengakuisisi penuh DapurMasak. Selain itu setelah raih investasi sebesar $7 juta, di bulan yang sama Lamudi juga resmi meluncur di Indonesia.

Mei 2014

Tokobagus melakukan manuver yang mengejutkan pada bulan Mei 2014 dengan mengumumkan bahwa layanannya resmi berubah nama menjadi OLX Indonesia. OLX sendiri adalah sebuah brand e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers, induk perusahaan Tokobagus, sejak tahun 2010 silam. Terlihat jelas grup Naspers ingin mengkonsolidasi berbagai brand situs iklan baris yang dimilikinya karena sebelumnya situs iklan baris di Filipina milik grup Naspers, Sulit juga mengumumkan perubahan identitasnya menjadi OLX. Di bulan yang sama, PriceArea diakuisisi oleh Yello Mobile asal Korea Selatan dan menargetkan ekspansi ke pasar ASEAN.

Juni 2014

Entah kebetulan atau tidak, bulan Juni 2014 menandai hadirnya layanan pemesanan taxi lewat aplikasi mobile di Indonesia. Di bulan ini aplikasi Easy Taxi resmi meluncur dan langsung menggandeng empat operator taksi di Jakarta. Sebelumnya GrabTaxi sudah lebih dahulu hadir di bulan yang sama dengan menawarkan layanan pemesanan taksi langsung kepada pengemudi. Ada juga aplikasi Uber yang punya layanan ride sharing mobil mewah.

Juli 2014

Layanan last-minute bookingHotelQuickly mengumumkan perolehan pendanaan Seri A-1 senilai $4,5 juta (sekitar 52 miliar) dari grup investor yang dipimpin oleh Gree Jepang di bulan Juli. Pendanaan ini melengkapi pendanaan Seri A yang diperoleh September tahun lalu dari sejumlah angel investor. Di bulan yang sama  Hubud Bali mengumkan bahwa mereka menjadi co-working space pertama di Indonesia yang menerima bitcoin sebagai alat pembayarannya.

Agustus 2014

Kita turut berbangga jika ada produk buatan anak negeri yang bisa bermanfaat di negeri tetangga. Di bulan ini 8Villages, meskipun tidak sepenuhnya berbasis di Indonesia, digandeng oleh Ooredoo Myanmar dalam konsorsium untuk meningkatkan pengetahuan bertani (agriculture) menggunakan aplikasi dengan nama “The Farmer” di Myanmar. Selain 8Villages, Adskom yang telah meraih pendanaan $850 ribu juga berencana untuk kembangkan Data Management Platform dan berekspansi ke Negara tetangga. Pendanaan lain juga diperoleh Tripvisto pada bulan ini dari East Ventures.

September 2014

Pendanaan awal diterima oleh  Mobile point-of-sale (mPOS) khusus ritel dan restoran Mokapos (Moka) dari East Ventures untuk mengembangkan produknya yang masih berstatus beta.

Oktober 2014

Oktober adalah bulan fantastis untuk Tokopedia, karena di bulan ini Tokopedia resmi mengumumkan pendanaan yang mencapai angka $100 juta. Pendanaan dari Softbank dan Sequoia Capital ini menahbiskan Tokopedia sebagai startup e-commerce dengan investasi terbesar di Indonesia. Investasi lain yang terjadi bulan Oktober diperoleh KerjaDulu dan mclinica. Selain itu, marketplace pekerjaan Karir.com juga dirumorkan telah diakuisisi oleh Grup EMTEK.

November 2014

Banyak berita menarik pada bulan ini, namun yang menjadi perhatian adalah kabar bergabungannya OLX dan Berniaga. Gabungan OLX dan Berniaga ini akan menggunakan entitas OLX. Penggunaan entitas OLX sudah diprediksikan karena kesepakatan antara Schibsted, Naspers, Telenor, dan Singapore Press Holdings (SPH) menyatakan bahwa untuk usahanya di Indonesia Naspers menguasai 64%, sedangkan 701 Search yang merupakan kongsi Schibsted, Telenor, dan SPH hanya memperoleh 36%.

Desember 2014

Akhir bulan ini ditutup dengan kabar mengejutkan pihak Yahoo Indonesia bahwa mereka resmi menutup kantornya di Indonesia akhir tahun ini. Sejak pengunduran diri Roy Simangunsong sebagai Country Manager dan Sales Director Yahoo Indonesia akhir Januari lalu dan selentingan rumor perampingan Yahoo! yang akan memangkas biaya operasinya di Asia untuk lebih fokus ke pasar Amerika Serikat, dapat dikatakan bisnis Yahoo di Indonesia tidak lagi menjadi prioritas.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again