1. Startup

AppTrader Sediakan Marketplace untuk Jual Beli Aplikasi Mobile

Jual beli barang secara online sudah biasa karena e-commerce sudah menjadi bagian dari hidup kita. Yang belum biasa di Indonesia adalah penggunaan marketplace untuk menjual dan membeli aplikasi, terutama yang ditujukan untuk platform mobile. AppTrader merupakan marketplace yang memfasilitasi pembelian dan penjualan suatu aplikasi mobile. Saat ini hanya aplikasi mobile untuk iOS dan Android yang didukung oleh AppTrader.

AppTrader berasal dari Jepang dan ditujukan untuk pasar Asia yang bertumbuh dengan cepat, terutama Singapura dan Indonesia. Di Asia sendiri disebutkan marketplace jual-beli aplikasi seperti ini belum ada. Lotus F sebagai pengembang AppTrader menyebutkan bahwa suatu aplikasi mobile bisa saja tidak cocok saat dipasarkan di suatu negara, tapi memiliki potensi untuk dikembangkan di kawasan yang lain.

AppTrader memudahkan pengembang yang ingin move on dan meninggalkan pengembangan proyek/aplikasi mobile-nya. Aplikasi bisa dijual secara global dengan harga yang diharapkan, bahkan misalnya sudah lama tidak aktif atau tidak banyak diunduh.

Menggunakan marketplace ini, proses jual-beli aplikasi mobile menjadi lebih mudah. AppTrader menyediakan platform komunikasi dan pembayaran yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi ini. Setelah transaksi disetujui, penjual bisa memindahkan segala bentuk kepemilikan, termasuk hak cipta, source code, gambar grafis, dan dokumen penyertanya, untuk didaftarkan ke regional App Store atau Google Play yang diinginkan oleh pembeli. Jika pembeli tidak menemukan aplikasi mobile yang diinginkan, mereka bisa meminta AppTrader untuk membuat kompetisi guna memenuhi kebutuhannya tersebut.

Saat ini platform pembayaran yang didukung hanya melalui PayPal, dengan metode pembayaran lain bakal menyusul. Komisi yang harus dibayarkan kepada AppTrader untuk setiap transaksi adalah 20% dari harga yang setujui oleh penjual dan 5% dari pembeli.

Saat ini AppTrader masih dalam versi beta, dengan penjual baru bisa menggunakannya untuk mendaftarkan aplikasinya. Nanti di bulan Juli AppTrader dijadwalkan memasuki fase rilis stabil yang memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mulai menawar. Berdasarkan pengamatan kami saat mengakses AppTrader, belum ada aplikasi yang sudah didaftarkan di platform ini.

Secara global, bisnis marketplace jual beli aplikasi mobile bukanlah barang baru. Ada sejumlah marketplace yang menawarkan hal serupa, misalnya Apptopia, Appsplit, atau Chupa Mobile, tetapi belum ada yang fokus ke pasar Asia. AppTrader mungkin benar-benar menjadi yang pertama menyasar pasar Asia untuk memfasilitasi hal ini.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again