1. Startup

Join Hadirkan Cara Mudah Reuni Dengan Teman-Teman Sekolah

Dengan banyaknya platform media sosial saat ini, reuni secara “virtual” dengan teman-teman lama semasa sekolah maupun kuliah merupakan hal yang telah lumrah dilakukan oleh setiap orang. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, baru-baru ini salah satu insan startup Indonesia baru saja meluncurkan Join, sebuah aplikasi mobile yang disebut sebagai “school-networking app” bagi pengguna yang ingin bereuni dengan teman-teman lama. Apa saja layanan yang ditawarkan oleh Join?

Dijelaskan langsung dalam press release yang kami terima, Join tidak seperti platform media sosial seperti pada umumnya, aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Join Team ini nantinya akan berfungsi sebagai aplikasi yang akan mempertemukan pengguna dengan teman-teman sekolah atau pun kuliah terdahulu secara otomatis tanpa harus repot mencari satu per satu seperti halnya mencari akun teman pada platform media sosial kebanyakan.

“Join adalah school-networking app di mana kamu bisa ketemu otomatis dengan teman-teman sekolahmu dari SD, SMP, SMA sampai kuliah,” tulis salah satu anggota tim pengembang Join dalam rilisan resmi. Pengembang Join mengaku aplikasi yang dikembangkannya ini ide yang diusungnya tidak serta merta muncul begitu saja melainkan terinspirasi dari sebuah aplikasi yang juga mengusung tema serta konsep yang sama. “Join app ini terinspirasi dari kisah sukses sebuah aplikasi di Korea Selatan bernama Member yang  mempertemukan teman sekolah dari 5 juta penggunanya,” tambah keterangannya.

Pihak Join sendiri saat ini telah mengklaim aplikasinya tersebut telah dilengkapi dengan lebih dari sekitar 200.000 data dari sekolah-sekolah serta universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut tentu merupakan awal yang sangat baik dalam niatnya menjembatani pengguna dalam “bersilaturahmi” dengan kawan-kawan lama melalui sebuah ekosistem online.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, aplikasi Join yang bekerja secara jejaring sosial menghadirkan fungsi-fungsi selayakanya platform media sosial. Kembali dijelaskan pada press release, pengguna JOIN hanya cukup memasukkan data tempat sekolah dahulu dari tingkat SD hingga perguruan tinggi sekalipun. Setelah memasukkan data sekolah, pengguna hanya cukup memasukkan kontak teman sekolah yang masih dimiliki baik itu dari dalam phonebook di ponsel maupun kontak di akun Facebook. Setelah dimasukkan semuanya, aplikasi ini nantinya akan secara otomatis melakukan pencarian dan pencocokkan dengan pengguna lainnya yang memiliki data yang similar dengan data pengguna. Fungsi ini mungkin mirip dengan “People You May Know” dalam media sosial Facebook.

Selain fitur tersebut, Join juga menghadirkan fitur-fitur lain seperti misalnya fitur meng-organize secara otomatis teman-teman di dalam Join sesuai dengan grade-nya, melihat profil lengkap teman, serta fitur-fitur lainnya yang akan membuat aktifitas reuni kian seru di dalam Join. Saat ini, Join baru hadir dalam versi beta dan itu berarti pengembangan selanjutnya untuk penyempurnaan JOIN masih dilakukan oleh tim pengembangnya.

Menurut rilisan yang kami peroleh dan juga tertera dalam laman resminya, Join saat ini telah dapat diunduh dalam Google Play Store bagi pengguna Android, namun saat kami mencobanya, aplikasi yang dimaksud tidak tersedia. Join juga rencananya akan hadir di platform iOS dalam waktu dekat.

[ilustrasi foto dari Flickr/Wahid Hasyim]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again