1. Startup

Jelajahi Informasi Kota Dengan Aplikasi Indonesian City Explorer

Pernahkah Anda mengalami sebuah situasi yang bisa disebut dengan “lost in the middle of nowhere”? Bagi yang pernah merasakannya dijamin pasti hal tersebut merupakan pengalaman terburuk yang pernah dialami. Hidup di era yang serba dikelilingi perangkat pintar macam smartphone maupun tablet, hal itu kini mungkin dapat diminimalisir berkat aplikasi inovatif seperti yang satu ini, Indonesian City Explorer (ICE). Mari kita jelajahi aplikasinya.

Bagi Anda yang hobi ataupun terpaksa untuk melakukan kegiatan travelling, kerisauan perihal tersesat di tengah-tengah daerah yang asing kini sepatutnya sudah dapat teratasi dengan aplikasi ICE. Aplikasi baru yang dikembangkan oleh developer lokal Indonesian Cyber ini menghadirkan beragam panduan bagi para travellers dalam mencari berbagai kebutuhan yang menunjang perjalanan.

Apa saja yang disajikan dalam aplikasi ICE tersebut? Nah ini dia bagian yang menariknya, bagi pengguna yang ingin mencari informasi kebutuhan perjalanan apa saja, bisa dibilang ICE merangkum semuanya dalam satu aplikasi. Sebut saja, mencari Points of Interest yang mencakup lokasi-lokasi seperti restoran, cafe, mall, tempat wisata, rumah ibadah, dan lain sebagainya yang tentu juga bisa dibilang sebagai lokasi-lokasi publik.

Lalu ada lagi informasi yang disediakan aplikasi ICE adalah layanan informasi transportasi publik. Nah yang satu ini mungkin penting bagi Anda yang melakukan perjalanan a la backpackers yang tentunya tidak membawa kendaraan pribadi. Dalam layanan ini, pengguna disajikan berbagai macam informasi transportasi yang dibutuhkan seperti rute transportasi publik macam trayek angkutan kota, bis, kereta api, hingga pesawat sekalipun diakomodir di dalam layanan ini. Hebatnya lagi, di dalam fitur ini pengguna juga dapat memesan taksi secara langsung, jadi tak perlu lagi repot-repot harus menghubungi pool taksi satu per satu.

Fitur yang terakhir ini, mungkin bisa dibilang merupakan fitur yang tak kalah pentingnya ketika kita tengah berada di wilayah yang benar-benar asing dan tak menguasai rimbanya. Tak lain dan tak bukan, fitur ini adalah fitur Emergency Call atau bisa disebut sebagai layanan panggilan darurat. Fitur ini tentunya berfungsi sebagai layanan yang menghadirkan shortcut langsung kepada sejumlah nomor-nomor penting yang sepatutnya dihubungi ketika kita mengalami suatu kejadian luar biasa. Pengguna dapat langsung menghubungi instansi-instansi terkait seperti kepolisian, ambulan, pemadam kebakaran, layanan derek, dan lain sebagainya dengan cukup hanya mengakses satu tombol saja dengan cepat untuk kemudian langsung dihubungkan ke instansi terkait yang dibutuhkan.

Dari sekian fitur yang mampu menunjang perjalanan, aplikasi ICE ini juga menampilkan user interface yang sangat mudah untuk menjangkau berbagai layanannya. Dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yangg simpel dan mudah terbaca, pengguna tak perlu kerepotan dalam melakukan setiap navigasi di dalam aplikasi tersebut. Selain itu, dengan tampilannya yang warna-warni tentu memberikan tampilan yang sejuk di mata.

ICE saat ini tersedia secara gratis dan sudah dapat diunduh di laman Google Play Store. Tapi sayangnya, aplikasi yang tercatat sebagai salah satu finalis gelaran INAICTA 2013 ini cakupan layanannya masih terbatas untuk wilayah Surabaya saja. Tentu jika ingin mencakup pengguna yang lebih luas lagi, aplikasi ICE diharapkan mampu menyediakan layanannya di kota-kota lain di Indonesia yang tentu sangat berguna bagi para travelers. Ditunggu perkembangan selanjutnya.

 

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

 

[ilustrasi foto oleh: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again