Berita  Interview 

Jakarta Siap Menyambut International Space Apps Challenge

Jakarta Siap Menyambut International Space Apps Challenge

Posted by
Aulia Masna

April 13, 2012

DailySocial, berkolaborasi dengan Kedutaaan Ameria Serikat untuk Indonesia dan Pusat Kebudayan Amerika – @america akan mengadakan acara International Space Apps Challenge pada bulan April, tepatnya tanggal 21 – 22 April 2012. International Space Apps Challenge merupakan sebuah acara untuk ‘menantang’ para pengembang perangkat lunak dalam menghadirkan program atau aplikasi yang bisa memecahkan masalah dan tantangan yang dapat membantu NASA serta ilmuwan di seluruh dunia dalam memecahkan berbagai isu global. Acara ini diselenggarakan secara global di lebih dari 20 kota di dunia serta di International Space Station yang sedang mengitari planet.

Dengan diadakannya acara International Space Apps Challenge ini kurang dari dua minggu lagi, kami berbicang dengan Alice Llewellyn dari tim penyelenggara pusat untuk mengetahui lebih lanjut tentang acara, tujuan acara, serta apa yang mereka harapkan dengan penyelenggaraan kompetisi ini. Kami juga bertanya mengapa Jakarta menjadi pilihan di antara kota lain mengingat Indonesia bukan negara yang berorientasi pada luar angkasa. Berikut wawancara kami dengan Alice.

Pertama-tama, boleh perkenalkan diri Anda serta apa peran Anda di acara ini

Nama saya Ali Llewellyn dan saya adalah anggota advokasi komunitas untuk Nasa Open Government Initiative. Saya anggota dari tim inti untuk International Space Apps Challenge dan akan mendukung acara lokal di Jakarta, Indonesia.

Apa yang mendorong acara Space Apps Challenge dan apakah NASA penah mengadakan acara serupa?

Program International Open Goverment Partnership diluncurkan tahun lalu sebagai komitmen global dari berbagai negara (termasuk Indonesia) untuk memberikan dukungan bagi partisipasi sipil, meningkatkan ketersediaan informasi publik, serta untuk memanfaatkan teknologi untuk memperkuat pemerintahan. Sebagai bagian dari komitmen US atas kemitraan ini, NASA berkomitmen untuk menginisiasi Space Apps Challenge, mempromosikan inovasi melalui kolaborasi international. Meski telah ada beberapa event dengan tipe serupa yang didukung NASA, sejauh yang kami tahu ini adalah pertama kalinya acara yang berfokus pada data luar angkasa dan penerbangan luar angkasa.

Apa yang diharapkan dari acara ini?

Kami percaya bahwa solusi yang akan muncul dari masalah akan hadir dari keberagaman tim internasional yang bekerja sama untuk memecahkan suatu masalah. Tim Space Apps telah mengkurasi beberapa tantangan yang kami percaya menyoroti beberapa aplikasi hebat serta data penerbangan luar angkasa serta penggunaan terbaik dari pengalaman luar angkasa yang bisa digunakan untuk meningkatkan kehidupan di bumi. Kami yakin bahwa acara ini akan memberikan bukti atas apa yang bisa dihasilkan jika kita bekerja bersama-sama – dan seberapa berharganya pengalaman terbang luar angkasa bagi hidup kita.

Ada banyak tantangan yang tersedia di acara ini, apakah kita akan melihat penerapan aplikasi yang menjadi solusi dalam dunia nyata pada acara ni?

Kami berharap begitu! Kami telah bekerja bersama beberapa tim inti lokal, organisasi serta pihak lain yang tertarik dalam pengembangan tahap selanjutnya serta pengaplikasian dari solusi yang ada nanti.

Jika ada yang tertarik dalam memecahkan tantangan yang ada dan tidak bisa hadir di lokasi yang telah ditentukan, apakah mereka masih bisa ikut berpartisipasi? Caranya?

Ada beberapa pilihan bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam tantangan di acara ini secara virtual. Siapapun bisa menuju situs ini: https://spaceappschallenge.org/register/ dan mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada tantangan yang ada secara online.

Apakah ini hanya akan menjadi event yang diadakan sekali saja atau akan ada tindak lanjut, terutama ketika berbicara tentang pengembangan solusi lebih lanjut?

Pastinya akan ada tindak lanjut – mengenai acara selanjutnya, kita liat saja perkembangan yang ada!

Mengapa Jakarta?

Meskipun bukan negara yang lekat dengan kegiatan luar angkasa, pilihan kota Jakarta menjadi sangat menarik karena komitmen jangka panjang pemerintah Indonesia dalam hal ilmu pengetahuan dan teknlogi serta dukungan lokal Kedutaaan Amerika atas dua hal tersebut. Jakarta sangat tepat untuk menjadi tuan rumah acara Space Apps Challenge dengan lokasi seperti @america, partner yang banyak serta dukungan pemerintah yang cukup luas. Kami sangat tertarik untuk melihat berbagai ide dan solusi yang akan hadir dari komunitas teknologi serta kewirausahaan di Indonesia.

Apa yang bisa diharapkan oleh para partisipan di acara dua hari tersebut?

Para peserta bisa mengharapkan banyak kegiatan – serta kesenangan! Kami akan hadir untuk mengerjakan berbagai hal, dan banyak hal juga yang bisa dilakukan. Akan ada banyak cerita tentang penerbangan luar angkasa, berbagai video dan foto yang bisa mengispirasi kita semua dan memberikan perspektif tentang luar angkasa. Akan ada beberapa pitch untuk proyek yang dikerjakan beberapa tim yang bisa menggambarkan tantangan utama dan peluang. Akan ada kontak juga dengan lokasi lain untuk mendengar berita baru tentang usaha global dan peluang lain sebagai bahan masukan dan umpan balik. Acara akan berakhir dengan presentasi proyek untuk penjurian dan peluang untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari – tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang kebijakan dan budaya yang mendukung inovasi. (Saya yakin akan ada banyak kejutan lain di acara ini – dan kita akan menikmatinya bersama-sama!).

Bagaimana proses penentuan pemenang untuk acara ini dan apakah ada hadiahnya?

Akan ada pemenang lokal untuk acara International Space Apps Challenge yang akan ditentukan oleh juri lokal. Setiap lokasi akan mengirimkan 2 solusi pemenang untuk penilaian global oleh juri global. Kami berharap akan bisa mengumumkan pemenang global secara online pada tanggal 8 Mei 2012.

 

Secara mengejutkan, atau mungkin juga tidak, Jakarta telah menjadi kota dengan peserta developer paling antusias yang ingin mengikuti acara. Jumlah peserta dibatasi 150 orang per lokasi, namun Jakarta tidak hanya telah mencapai jumlah peserta maksimal namun telah melampauinya. Penyelenggara kini sedang memproses permintaan agar bisa menambah lagi jumlah peserta yang ingin berpartisipasi dan mengizinkan lebih banyak lagi calon partisipan yang bisa mendaftar. Hal ini bisa dibilang tidak mengejutkan melihat antusiasme yang tinggi di kalangan developer Indonesia kepada acara seperti ini. Baru-baru ini, sebuah acara developer yang diadakan di Bandung berhasil menarik hampir 1000 peserta.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×