• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Interview 

[Interview] TokoBagus.com : Gratis Namun Menguntungkan

[Interview] TokoBagus.com : Gratis Namun Menguntungkan

Posted by
Rama Mamuaya

June 9, 2009

Kadang-kadang saya suka bingung sendiri dengan situs-situs model iklan baris yang gratis itu. Darimana mereka mendapatkan uang? Lalu akhirnya saya pun berjalan-jalan ke beberapa situs model iklan baris gratis itu dan mencoba menelaah pos-pos revenue yang mungkin mampu mengalirkan uang. Kebanyakan dari mereka ternyata mengadopsi strategi Freemium, gratis untuk pasang iklan anda namun bayar lebih jika ingin eksposure lebih untuk iklan anda.

Ada juga beberapa situs yang memfokuskan diri ke ad-banner seperti pondokiklan.com namun jumlah masih relatif lebih sedikit daripada yang menggunakan metode freemium. Dan ada yang menganut metode yang lebih canggih antara lain dengan mengembangkan sistem payment gateway untuk mempermudah membernya bertransaksi dengan lebih aman. Untuk metode yang terakhir ini saya berjanji untuk tidak menyebutkan nama websitenya, namun metode ini akan datang kurang lebih awal tahun depan.

Tokobagus.com adalah salah satu situs yang menganut model tersebut, mirip dengan KrazyMarket.com namun dengan beberapa perbedaan yang cukup signifikan. Saya-pun beruntung bisa berbincang dengan salah seorang perwakilan dari TokoBagus.

Azwar sendiri mengaku tidak tahu jumlah pasti member di TokoBagus, namun yang pasti jumlahnya melebihi 100 ribu member. Untuk fitur-fitur selengkapnya silahkan anda cek sendiri di http://www.tokobagus.com/bantuan.asp

Berikut petikan wawancara saya dengan Azwar (Public Relation) :

Sejarah berdirinya TokoBagus dan siapa saja orang2 di belakangnya?

Tokobagus diluncurkan pada April 2005, dengan media promosi melalui stasiun TV lokal, radio, majalah dan pembagian stiker, dan setelah itu terus tumbuh “under the radar”. Tokobagus tidak menganut sistem “release it and forget it”, melainkan terus melakukan perbaikan demi meningkatkan kepuasan member pada khususnya dan pengguna pada umumnya.

Di belakang Tokobagus.com adalah PT Tokobagus, berkantor pusat di Denpasar, Bali. Apabila ingin tahu lebih dekat, bisa datang ke acara Festival Komputer Indonesia 2009 di JCC tanggal 10-14 Juni besok, tepatnya di booth B22a (Hall B No 22A, disamping Opera Software)
Ini adalah event “luar kota” pertama yang kami ikuti, karena sebelumnya kami hanya fokus pada promosi di Bali dan sekitarnya, pastikan mampir ya :)

Apa sih bisnis dari TokoBagus ini sebenarnya? Dari mana revenuenya? Apakah sistem monetisasi premium ini berjalan baik?

Tokobagus merupakan media jual beli online GRATIS, artinya setiap individu maupun perusahaan bisa mendaftar sebagai member di Tokobagus dan mulai menjual barang dan jasa secara online, 24 jam sehari. Sumber revenue Tokobagus diperoleh dari hasil penjualan “Promo Point”, penjualan space banner (sekarang tidak lagi), dan banyak yang akan kami luncurkan tidak lama lagi. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda mendaftar sebagai member di website Tokobagus.com dan Anda akan mengetahui jawabannya :)

Positioning dari TokoBagus ini sebenarnya apa?

Tokobagus sedang dalam proses memposisikan diri sebagai situs jual beli nomer 1 di Indonesia, yang merupakan market terpadat di negeri ini, dan kami yakin kami bisa mencapainya.

Sudah ada beberapa member yang bergabung? Berapa statistik pengunjung per bulan?

Tokobagus saat ini memiliki ratusan ribu member dan terus mengalami peningkatan sebesar 20% setiap bulannya, baik itu dari segi jumlah iklan maupun pengunjung.

Ada banyak sekali situs iklan baris yang sejenis dengan TokoBagus, apa sebenarnya diferensiasi TokoBagus dari situs2 tersebut?

Tokobagus benar-benar menjadikan member (dan calon pembeli) sebagai raja, kami menyediakan Live Support yang akan selalu siap menjawab segala pertanyaan berkenaan dengan penggunaan situs Tokobagus.com dan pertanyaan non teknis yang lain, dan sebentar lagi kami juga akan meluncurkan sebuah forum khusus yang bisa menjadi rujukan pengguna disaat Live Support sedang offline.

Setiap member di Tokobagus juga berpeluang menjadi Verified Member, dimana kami mengirimkan kode verifikasi ke alamat rumah mereka yang harus mereka masukkan melalui profil mereka di Tokobagus.com, sehingga menjamin transaksi yang lebih aman.

Tokobagus juga menyediakan statistik iklan, sehingga pengguna bisa memantau iklan mana yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dan memperbaiki iklan yang belum maksimal.
Tokobagus juga sangat baik dalam SEO, sehingga setiap iklan akan memperoleh nilai plus di mata mesin pencari (Google, Yahoo, Bing).

Setiap penjual di Tokobagus akan memiliki toko sendiri, dengan subdomain yang mereka pilih (contoh: peterkurniawan.tokobagus.com) yang bisa dikustomisasi logo dan themenya. Member juga bisa menuliskan deskripsi mengenai toko mereka dan menulis aturan yang berlaku di toko mereka.

Prospek e-commerce ke depannya menurut anda?

Prospek dunia E-Commerce ke depan, khususnya di Indonesia, saya pikir akan penuh dengan kejutan dan tentu saja sangat menarik untuk diikuti. Seperti halnya eBay di masa awal dulu, siapa yang percaya bahwa orang akan melakukan transaksi dengan orang asing (dan negara lain) yang belum dikenal sama sekali? Dan sekarang, semua orang menggunakan eBay! Yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara kita membaca peluang dan menyambut peluang tersebut sebaik mungkin.

Lalu bagaimana menurut anda? Mampukah situs-situs iklan baris seperti ini bertahan dengan kondisi e-commerce di Indonesia yang seperti sekarang ini?

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×