1. Startup

RecordTV Umumkan Kehadiran Aplikasi InstantTV Untuk Konsumen Indonesia

Di era yang serba digital ini kegiatan menonton TV dapat dilakukan di mana saja, termasuk melalui perangkat mobile seperti smartphone. Baru-baru ini RecordTV yang berbasis di Singapura mengumumkan ketersediaan aplikasi InstantTV untuk Indonesia. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menonton saluran TV Indonesia (dan lebih dari 50 channel lain) secara streaming melalui perangkat iOS dan Android.

InstantTV pertama kali dirilis di Singapura dan mengklaim telah menjadi aplikasi layanan streaming nomor satu di negara asalnya. Dengan ekpansinya ke Indonesia ini mereka berharap untuk dapat mengulang kesuksesan yang sama.

Pendiri Record TV Carlos Fernandes kepada DailySocial mengatakan, "Kami telah melihat respon yang baik untuk layanan perekaman kami di Singapura dan kami berencana untuk merilis sebuah layanan rekaman di Indonesia juga. Hal ini akan memungkinkan konsumen untuk merekam dan menonton acara TV Indonesia di lain waktu."

Carlos lebih lanjut menjelaskan bahwa di Singapura, pengguna memiliki penyimpanan gratis untuk merekam dan melihat kembali acara TV hingga 90 hari setelah ditayangkan. Terkait dengan hak cipta mengenai layanannya, RecordTV sudah pernah berurusan dengan MediaCorp, salah satu perusahaan penyedia layanan FTA (Free-to-Air) di Singapura. Pihak RecordTV juga mengungkapkan bahwa mereka tidak memperluas aksesibilitas dari setiap saluran. Jika sebuah saluran dapat diakses di seluruh dunia, artinya dengan menggunakan aplikasi IntantTV saluran tersebut dapat terus diakses.

Untuk saluran Indonesia, aplikasi InstantTV menyediakan sebuah antarmuka yang memungkinkan konsumen untuk mengakses siaran yang sudah umum dengan menyediakan player.

Di halaman awal aplikasi, pengguna dapat langsung memilih saluran mana yang ingin disaksikan. Pengguna juga dapat menambahkan URL M3U8 mereka sendiri untuk aplikasi dan mendapatkan saluran lain yang belum terdaftar melalui menu yang terdapat di pojok kiri atas..

Di Indonesia sebenarnya sudah banyak aplikasi serupa, baik itu yang dibuat oleh developer lokal (On-Air) ataupun yang disediakan oleh perusaan penyiaran itu sendiri (TransCorp dan MetroTV). Saluran TV Indonesia dapat diakses melalui pilihan saluran international di halaman awal aplikasi. Saat ini saluran lokal yang tersedia di InstantTV adalah TVRI National, TVRI Budaya, TVRI Olahraga, TVRI SulSel, Berita Satu TV, INI TV, dan Kompas TV. Dengan jumlah kanal lokal yang masih terbatas, pihak RecordTV mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk menambah lebih banyak lagi saluran Indonesia dalam aplikasinya.

Untuk model bisnis, mereka menggunakan iklan dalam aplikasinya dengan penempatan yang tidak mengganggu kenyamanan pengguna dalam menonton siaran televisi. Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna sudah bisa langsung mengunduhnya secara gratis melalui Google Play dan App Store. Pengguna juga dapat mengakses melalui situs resmi InstantTV untuk menyaksikan siaran TV secara online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again