1. Startup

Tiga Pemenang Tingkat Nasional Imagine Cup 2014 Bersiap Masuki Babak World Semifinal

Setelah mengumumkan sejumlah finalis pada Maret lalu, ajang kompetisi teknologi bagi para pengembang, Imagine Cup2014 Indonesia, kini resmi memiliki tiga pemenang. Diumumkan pada Jumat malam (11/4), ketiga tim pemenang tingkat nasional yang terpilih ini akan memangku nama Indonesia dalam “pertarungan” World Semifinal Imagine Cup 2014.

Berasal dari tiga kategori utama yang dikompetisikan, finalis pertama datang dari tim New Eleven Del (Institut Teknologi Del) yang berhasil menjadi jawara dalam kategori Games dengan permainan yang berjudul Pora The Lake Rescuer. Finalis kedua, tim IDE DELTA (ITB) dengan proyeknya yang bernama Project Smoothie juga berhasil didaulat menjadi jawara dalam kategori Innovation. Tak ketinggalan, tim DigiD2 (Institut Teknologi Sepuluh November) asal Surabaya pun juga turut berhasil mengungguli lawan-lawannya di kategori World Citizenship dengan kreasi yang bernama Project Cakra.

Selain bakal menjadi jawara dunia kompetisi teknologi, dalam ajang yang digagas oleh Microsoft tersebut ketiga tim pemenang tadi juga berhak meraih sejumlah hadiah yang telah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

“Ketiga tim berhak memperoleh dana awal untuk pengembangan usaha sampai dengan 25 juta rupiah dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Selain itu, ketiga pemenang akan mendapatkan bimbingan dari Microsoft Indonesia untuk  persiapan bertanding di tingkat internasional,” ungkap Risman Adnan, Developer and Platform Group Director, Microsoft Indonesia yang dimuat dalam keterangan resmi yang kami terima.

Tahap kompetisi World Semifinal Imagine Cup 2014 akan memiliki bentuk kompetisi yang agak sedikit berbeda. Seperti yang pernah disampaikan pada artikel kami sebelumnya, pada tahap ini para finalis akan bertanding dengan cara mengirimkan video presentasi masing-masing perihal kreasi produk teknologi yang telah mereka kembangkan. Pengiriman video presentasi ini akan diakhiri pada 30 April 2014 mendatang.

Setelah tahap World Semifinal usai dan menghasilkan finalis regional. Sejumlah finalis yang terpilih akan berkesempatan untuk berkompetisi di tingkat World Final. Pada tahap akbar ini, para finalis akan diterbangkan menuju Seattle, Washington, Amerika Serikat untuk bertanding di kota yang merupakan lokasi markas besar Microsoft tersebut. Semoga saja dalam tahap itu nama Indonesia berhasil masuk ke dalam salah satu jajaran finalisnya di antara negara-negara lain, seperti halnya pada kenangan manis Imagine Cup 2013 lalu.

“Tahun lalu, tim Indonesia, yaitu Tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo, Madura, berhasil menjadi Runner-up di kompetisi Games Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia. Kami berharap sejarah yang sama bisa terulang kembali tahun ini. Kami optimis dengan kemampuan yang dimiliki oleh para pemenang Imagine Cup 2014 Indonesia,” harap Risman.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again