Dark
Light

Inilah Perbandingan Hasil Kamera pada iPhone Pertama Hingga iPhone 6

1 min read
September 24, 2014

Apple telah merilis dua jagoan barunya yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, kedua jenis iPhone baru itu hadir dengan spesifikasi yang sedikit berbeda, selain dari ukuran layar, kemampuan kamera dari dua buah iPhone baru itupun memiliki perbedaan fitur.

Perbedaan yang dimiliki oleh kamera pada kedua iPhone 6 tersebut terletak pada fitur image stabilization, dimana iPhone 6 yang hadir dengan fitur digital image stabilization sedangkan iPhone6 Plus hadir dengan fitur optical image stabilization, namun begitu keduanya menghasilkan kualitas gambar yang sama baiknya.

Situs TechCrunch mengutip hasil percobaan yang dibuat oleh Lisa Bettany yang merupakan co-founder dari aplikasi Camera+ dan MagiCam. Percobaan dilakukan dengan melibatkan delapan buah model iPhone mulai dari iPhone  pertama, iPhone 3, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S dan iPhone 6.

Ketika disandingkan, semua hasil foto yang diambil dengan menggunakan kedelapan perangkat iPhone tersebut secara umum semuanya terlihat mengesankan, hanya iPhone 1 dan iPhone 3 yang memang hasilnya tidak terlalu bagus.

Hal ini terjadi karena teknologi yang digunakan pada dua smartphone tersebut memang terbilang usang, terlebih ketika digunakan untuk mengambil foto dari jarak dekat (makro), iPhone 1 dan iPhone 3 menghasilkan gambar buram karena kedua jenis smartphone tersebut tidak memiliki fitur auto-fokus didalamnya.

iPhone-camera-side-by-side2

Dari hasil perbandingan kamera ini kita bisa tahu bahwa Apple telah membuat inovasi besar-besaran pada sensor kamera yang ada di perangkat smartphone mereka. Hal ini bisa terlihat sejak Apple membenamkan sensor kamera yang ada pada smartphone iPhone 4, sehingga smartphone tersebut dapat menghasilkan foto yang sangat bagus walaupun foto tersebut dibuat tanpa efek filter sama sekali.

iPhone-camera-side-by-side

Sedangkan dari hasil foto matahari terbenam di atas ini, kita bisa melihat perbaikan yang signifikan dari gambar yang dihasilkan oleh perangkat 5S, hasilnya bahkan jauh lebih baik dari foto yang dihasilkan oleh iPhone 6.

Hasil foto iPhone 5S terlihat jauh lebih kontras walaupun foto yang dihasilkan oleh iPhone 6 jauh lebih detail namun hasilnya terlalu datar. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dilakukan pada algoritma sensor kamera baru yang diterapkan pada iPhone 6 untuk menghasilkan foto yang lebih baik dan terasa nyata.

Anda bisa melihat semua perbandingan hasil foto secara detail dari percobaan yang dilakukan oleh Lisa Bettany melalui situs berikut ini.

Sumber: TechCrunch | Foto Header: Apple.com

2 Comments

  1. Misi gan saya mau bertanya tentang iphone 5s
    Sayakan punya 2 iphone 5s tapi kenapa kameranya berbeda ya?
    Memang sama sama bagus tapi hasilnya berbeda
    Bantu jawab dong gan, thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Enam Asosiasi Kompak Tolak Praktik Intrusive Ads, Serukan Pemerintah Untuk Segera Turun Tangan

Next Story

Keyboard Atau Mesin Ketik? Dengan Qwerkywriter Anda Bisa Dapatkan Keduanya

Latest from Blog

Don't Miss

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype
Chatbot AI Apple GPT

Apple Uji Coba Chatbot AI “Apple GPT” Secara Internal

Apple dikabarkan sedang menguji coba sebuah chatbot AI yang secara