• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Review 

Ini Dia Aplikasi Yang Membantu Belajar Bahasa Daerah Melalui Perangkat Android Anda

Ini Dia Aplikasi Yang Membantu Belajar Bahasa Daerah Melalui Perangkat Android Anda

Posted by
Bonang Setoaji

May 1, 2012

Pernahkah anda merasa terasingkan ketika berkunjung ke daerah dimana orang lokal memilih untuk berbicara dalam bahasa lokal seperti Jawa atau Sunda? Hal ini saya alami ketika berkunjung di Bandung, dimana beberapa rekan-rekan disana memilih untuk menggunakan bahasa sunda ketika berbicara dengan rekan mereka, dan saya merasa terasingkan.

Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan 3 aplikasi di Google Play yang paling tidak bisa membantu saya memahami ketiga bahasa tersebut. Aplikasi yang saya maksud adalah Ngomong Sunda, Ngomong Jawa, dan Ngomong Padang. Sebenarnya saya lebih memilih semua paket tersebut di-bundle dalam satu aplikasi saja, sehingga lebih memudahkan pengguna ketika mengunduh aplikasi tersebut.

Ketiga aplikasi tersebut dikembangkan oleh Plugie dan untuk sekarang baru tersedia untuk platform Android. Melalui bio twitternya, Plugie sendiri mengklaim bahwa mereka adalah independent Android developer dan dari semua aplikasinya, yang membuat saya tertarik adalah aplikasi Ngomong Sunda, Ngomong Jawa, dan Ngomong Padang. Seperti judulnya, aplikasi tersebut membantu pengguna mengerti sedikit tentang bahasa Sunda, Jawa, dan Padang.

Dari sisi UX sangat mudah dipahami bagi pengguna yang ingin belajar sedikit tentang bahasa daerah. UI-nya pun cukup basic dan sederhana, dengan menggunakan pemilihan warna basic dari platform Android itu sendiri. Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Para pengguna tinggal menjalankan aplikasi tersebut. Kemudian akan terpampang kata-kata dalam bahasa Indonesia yang ada didalam button. Ketika pengguna menekan button tersebut, akan keluar suara dalam ketiga bahasa daerah tersebut. Sederhana bukan?

Dan pastinya, aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang akan bepergian/berlibur ke daerah yang menggunakan/memiliki bahasa daerah terutama bahasa daerah yang ada pada aplikasi ini yaitu Jawa, Sunda, dan Padang. Sebuah aplikasi dengan konten yang benar-benar membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×