1. Startup

Indosat Buka Akses Platform Crowdfunding Crowdtivate Untuk Umum

Platform crowdfundingCrowdtivate yang didukung oleh StarHub Singapura dan Indosat akhirnya dibuka bebas bagi para pengusaha dan insan kreatif di Indonesia. Setelah di awal peluncurannya sempat eksklusif untuk para pemenang IWIC, kini penggalangan dana publik bisa dilakukan oleh siapapun di platform ini secara gratis. Crowdtivate menjadi pemain baru di ceruk yang di antaranya digarap oleh Wujudkan dan Kitabisa.

Dalam rilis persnya, Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander (Alex) Rusli mengatakan, "Kami sangat gembira meluncurkan Crowdtivate. Indosat berkomitmen untuk mempromosikan berbagai karya inovasi Indonesia, serta menyediakan visibilitas bagi para enterpreneur start-up di Indonesia, baik itu pada tataran lokal maupun global. Kami senang dapat bermitra dengan StarHub yang sebelumnya telah meluncurkan platform serupa di Singapura. Dengan Crowdtivate, Indosat kini memiliki program inovasi digital terlengkap di Indonesia, dimulai dengan kompetisi ide dan aplikasi melalui IWIC, juga Ideabox sebagai akselerator inkubasi bagi start-up, dan kemitraan dana modal ventura dengan Softbank."

Untuk menjadi kreator di Crowdtivate, setiap orang yang berminat tinggal mentautkan akun Facebook atau LinkedIn-nya ke platform ini. Berikutnya kreator bisa memanfaatkan fitur crowdfunding, crowdsourcing, atau crowdvoting yang tersedia. Mungkin ini adalah platform pertama yang menggabungkan crowdfunding dan crowdsourcing dalam satu tempat. Crowdvoting sendiri merupakan tempat memvalidasi ide atau topik tertentu berdasarkan vote dan umpan balik (feedback).

Tak cuma soal platform penggalangan dana publik, Crowdtivate disebutkan juga memberikan bimbingan dan bahkan penawaran untuk inkubasi bisnis dan penjangkauan regional. Dukungan dua operator telekomunikasi besar di kawasan Asia Tenggara memberikan andil luasnya peran Crowdtivate dalam membantu membesarkan bisnis atau ide.

Head of i3 (Inovasi, Investasi, Inkubasi) StarHub Stephen Lee yang membawahi pengembangan Crowdtivate menambahkan, "Crowdfunding menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan validasi pasar dalam pengembangan ide-ide inovatif, produk dan jasa. Kami senang atas kemitraan kami dengan Indosat dan peluncuran Crowdtivate Platform versi Indonesia. Hal ini menunjukkan dukungan yang kuat bagi para entrepreneur di Indonesia."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again