1. Startup

Kota Klaten Luncurkan Balon WiFi

Kota Klaten di Jawa Tengah bulan lalu telah meluncurkan balon udara yang membawa sinyal WiFi. Jika ini terdengar familiar, mungkin Anda pernah membaca berita tentang balon udara WiFi milik Google. Dengan kerjasama sejumlah pihak yang membangun infrastruktur jaringan internet nirkabel, Klaten telah berhasil meluncurkan balon WiFi yang pertama di Indonesia dengan akses gratis.

Melalui program “Klaten Go Online”, balon WiFi yang dibangun berkat dukungan dari PT. Telkom Indonesia, Telkomsel, serta KPLI (Kelompok Pengguna Linux Indonesia) regional Klaten tersebut diproyeksikan akan memancarkan sinyal wifi kepada seluruh masyarakat kota Klaten untuk dapat menikmati jaringan internet nirkabel secara cuma-cuma.

Dalam peluncurannya pada 29 Juli 2013 kemarin di alun-alun kota Klaten, dikatakan bahwa seluruh masyarakat Klaten nantinya akan dapat menikmati akses internet gratis melalui balon udara wifi dengan menggunakan akses login username: klaten serta password: goonline sebagai kode akses untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan.

Sesuai dengan berita yang dilansir oleh BeritaInspirasi, balon WiFi yang diterbangkan di kota kecil yang berada di antara kota Yogyakarta dan Solo tersebut diterbangkan di dua lokasi untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Klaten akan koneksi internet nirkabel. Dua lokasi tersebut terletak di Pendopo Pemda Klaten dan juga di Alun-alun kota Klaten. Tentu bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi tersebut akan memperoleh koneksi wifi secara optimal mengingat wifi memiliki jangkauan yang terbatas.

Walaupun balon WiFi Klaten ini mungkin terinspirasi dari balon udara Google, hal ini merupakan indikasi langkah awal bahwa program penyebaran internet ke seluruh masyarakat Indonesia baik itu ke wilayah kota-kota besar maupun daerah terpencil sekalipun sudah mulai digerakkan.

Dengan jumlah pengguna internet yang terus berkembang, Indonesia merupakan lahan industri internet yang dianggap cukup berkembang sangat pesat dan mampu bersaing di industri global. Namun dengan masalah penyebaran akses internet yang belum merata di seluruh wilayah, hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan jika industri internet benar-benar ingin sangat maju di negeri ini. Namun setidaknya dengan peluncuran balon wifi yang dimulai di Klaten, pekerjaan rumah tersebut sedikit demi sedikit telah terselesaikan dan diharapkan ke depannya tentu balon-balon yang serupa akan terbang di atas wilayah lain di Indonesia.

 

[ilustrasi foto oleh: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again