1. Startup

iGoogle Jadi Jejaring Sosial

Semalam, Google mengumumkanupdate untuk salah satu produknya iGoogle. iGoogle adalah halaman milik pengguna yang dapat dicustomize sesuai keinginannya, bisa diisi dengan widget-widget seperti gmail, rss feed, games, notes, calendar, dan lain-lain. Hampir mirip dengan Netvibes, namun lebih sederhana.

Google mengumumkan bahwa mereka telah menambahkan fitur-fitur sharing konten di iGoogle, jadi anda dapat berbagi informasi seperti News Widget, bermain games online bersama rekan anda, dan menulis note secara kolaboratif. Fitur - fitur ini membawa iGoogle menjadi seperti Social Network, seperti yang coba dilakukan Google dengan Google Reader dengan fitur sharing, fitur "like", dan sebagainya.

Beberapa produk Google seperti Google Maps juga telah mengadopsi fitur social networking yang di-bundle menjadi Google Latitude. Saya pikir Google sedang mencoba-coba merilis produk baru dan melihat apa respon pasar, kalau responnya bagus akan dikembang kalau tidak ya dimatikan. Beberapa pengembangan dari produk-produk tersebut salah satunya adalah dengan menambahkan fitur sosial, menjadikannya lebih mudah untuk berbagi kepada pengguna lain.

Marissa Meyer, VP Product Google Inc, berkata bahwa sekarang ini fitur sosial adalah hal yang wajib dimiliki oleh situs-situs yang consumer-oriented. Pertanyaannya adalah, masih kita perlu jejaring sosial? Begitu banyak situs jejaring sosial yang kita gunakan, masihkah ada ruang untuk Google? Dari pertanyaan ini, muncul pertanyaan satu lagi (halah). Apa sih yang produk Google yang tidak kita gunakan? Hampir semua produk Google digunakan dan memang diciptakan berdasarkan kebutuhan (demand). Variannya pun sangat luas, mulai dari alat produktivitas, kolaboratif, pengelola, alat bantu, banyak sekali.

Langkah Google untuk mengintegrasikan beragam produk ini menjadi sebuah jejaring sosial yang amat besar tentu terlintas di pikiran saya. Dan pastinya jika memang benar, ada kemungkinan Facebook langsung dibalap. Atau justru kebalikannya? Bagaimana pendapat dan analisa anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again