1. Startup

IDC: Windows Phone Ungguli BlackBerry, Android Terus Dominasi Pasar Smartphone di Kuartal Pertama 2013

International Data Corporation (IDC) merilis perhitungannya untuk pengiriman (shipment) smartphone sepanjang kuartal pertama 2013. Seperti biasa, Android dan iOS masih mendominasi, dengan dua platform tersebut menguasai 92.3% pengiriman secara global di periode tersebut. Di sisi lain, untuk pertama kalinya Windows Phone mengungguli BlackBerry untuk menduduki posisi ketiga dengan volume pengiriman 7 juta unit.

Seperti diungkapkan oleh analis-analis IDC, melonjaknya pengiriman smartphone Windows Phone (naik 133% ketimbang setahun sebelumnya) tak lepas dari kerjasama Microsoft dan Nokia. Nokia meluncurkan berbagai tipe Lumia terbaru yang mengusung sistem operasi terbaru Windows Phone 8. Kemarin bahkan Nokia memperkenalkan varian terbaru Lumia 925 yang mengingatkan kita akan strategi penjualan Nokia di masa lalu yang kuat di unsur diversifikasi.

BlackBerry yang sekarang mengunggulkan platform BlackBerry 10 sebenarnya tidak jelek-jelek amat, di mana penjualan BlackBerry Z10 mencapai milestone pengiriman satu juta unit. Meskipun demikian, dibandingkan setahun sebelumnya pengiriman BlackBerry berkurang hingga 35% dengan capaian 6.3 juta unit. Mungkin perhitungan baru akan menarik ketika BlackBerry merilis smartphone low-end Q5 sebagai salah satu senjata pamungkasnya.

Dengan perolehan Android dan iOS nampaknya sulit untuk dikejar dalam waktu dekat, nampaknya fokus kita akan tertuju pada persaingan antara Windows Phone dan BlackBerry untuk memperebutkan potongan kue kecil di posisi ketiga dan keempat.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC '13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung's mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again