1. Startup

Gunakan API dan Infrastruktur Telco Dengan Creatary

Creatary, sebuah anak perusahaan Nokia-Siemens Network baru-baru ini mulai menunjukkan aktivitasnya di Indonesia. Creatary adalah sebuah platform API cloud yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk menggunakan infrastruktur yang selama ini secara ekslusif dimiliki oleh telco (billing, messaging dan lokasi).

Menurut pengumuman di website resminya, Creatary sudah bekerjasama dengan Indosat dalam kompetisiWireless Innovation Competition. Creatary memberikan akses eksklusif ke data-data pelanggan Indosat seperti lokasi (berdasarkan BTS, bukan GPS), messaging dan billing (charging) yang memungkinkan pengembang pihak ketiga berinteraksi dengan 40 juta pelanggan Indosat melalui SMS.

Akses ini juga pastinya digunakan sebagai jalur distribusi konten dari pengembang pihak ketiga langsung ke pelanggan dan juga akses untuk platform monetisasi. Namun sepertinya solusi ini tidak berlaku untuk App store tertutup seperti milik iOS, karena menggunakan infrastruktur jaringan dan bukan App store resmi dari Apple.

Hebatnya, API ini bisa digunakan oleh semua OS dan terhubung langsung dengan infrastruktur telekomunikasi milik Indosat. Sebuah platform universal dimana anda mendapatkan akses ke semua jenis handphone : low-end sampai ke smartphone paling mutakhir. Meskipun saya masih belum mengerti

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again