1. Startup

Grup pemilik Nexian diakuisisi Spice sebesar $175 Juta

Produsen handset yang memiliki 25% market-share di Indonesia, Nexian, datang dengan berita yang luar biasa bagi industri teknologi di Indonesia. Brand 'Nexian' dimiliki oleh grup Affinity yang mengurus masalah distribusi perangkat mobile dan juga distribusi koneksi seluler dari beberapa operator besar di Indonesia. Grup Affinity ini kini dalam proses finalisasi dimana grup tersebut diakuisisi oleh Spice i2i, salah satu grup telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara.

Spice i2i sebelumnya dikenal sebagai perusahaan Singapura dengan nama Media Ring Ltd yang diakuisisi Spice Group, perusahaan holding telco berbasis di India lalu kemudian berganti nama menjadi Spice i2i. Tahun lalu Spice i2i juga mengakuisisi NewTel Corporation, produsen handset lokal terbesar kedua di Thailand dengan nilai akuisisi $22 juta.  Tidak hanya itu, Spice i2i juga memiliki 35% kepemilikan di Spice CSL yang merupakan joint venture antara Spice i2i dengan perusahaan produsen handset dan VAS (Value Added Services) CSL Mobile asal Malaysia.

Affinity Group sendiri selaku pemegang brand Nexian merupakan salah satu pemain mobile lokal yang terbesar di Indonesia, dengan target market utama low-end dengan pricing yang juga sangat murah. Menurut pengumuman resmi di website Spice i2i, revenue Affinity Group tahun 2010 sendiri diperkirakan mencapai $680 juta dimana Affinity juga menjual handset ke perusahaan seperti Blackberry, HTC, Motorola dan juga layanan purna jual dan bahkan retailer.

Akuisisi ini juga berdampak sangat signifikan, dimana Spice i2i menjadi perusahaan Singapura pertama yang memiliki market share terbesar di industri mobile di Indonesia yang sedang bertumbuh luar biasa pesat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again