1. Startup

Grup Axiata Luncurkan Akses Layanan Wikipedia Mobile Secara Gratis

Axiata Group Berhad dan Wikimedia Foundation hari ini mengumumkan bahwa seluruh operator di Asia yang tergabung di dalam grup ini akan memberikan akses terhadap layanan Wikipedia mobile secara gratis dalam program Wikipedia Zero. Akses gratis diberikan untuk pengaksesan terhadap Wikipedia dalam bahasa lokal dan bahasa Inggris.

Kul Takanao Wadhwa, Head of Mobile Wikimedia Foundation menyebutkan, "Kami memberi selamat kepada Axiata untuk bergabung bersama kami menghapus hambatan besar untuk mengakses Wikipedia melalui ponsel. Kerjasama ini sebuah langkah penting bagi misi kami untuk memberikan akses pengetahuan secara gratis kepada semua orang di planet ini. Dengan Axiata, salah satu (grup) penyedia layanan terbesar di Asia, kami bisa memperluas akses gratis Wikipedia di lebih banyak negara. Dengan kerjasama ini, Wikipedia Zero kini tersedia ke 410 juta pengguna mobile di seluruh dunia."

Tentu saja penyediaan Wikipedia Zero ini sangat bermanfaat bagi setiap orang yang membutuhkan akses terhadap sumber pengetahuan modern macam Wikipedia ini. Kerjasama dengan operator untuk pengaksesan situs mobile tertentu secara gratis seperti ini sebelumnya lazim digunakan untuk mempromosikan produk social media, misalnya dengan Facebook dan Twitter.

Anak perusahaan Axiata yang mendukung layanan Wikipedia Zero adalah Dialog Axiata (Sri Lanka), Smart Axiata (Kamboja), Celcom Axiata (Malaysia), Robi Axiata (Bangladesh) dan XL Axiata (Indonesia). Program ini digulirkan secara bertahap di semua operator grup Axiata mulai bulan Maret 2013.

Sebelum bekerja sama dengan Grup Axiata, Wikimedia juga telah menjalin hal serupa dengan Orange, Telenor, STC dan VimpelCom. Informasi lebih lanjut tentang Wikipedia Zero dan kerjasama operatornya bisa diakses di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again