• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Google Siapkan Berbagai Fasilitas Baru Untuk Layanan Blogger

Google Siapkan Berbagai Fasilitas Baru Untuk Layanan Blogger

Posted by
Wiku Baskoro

March 15, 2011

Google persiapkan berbagai pembaruan pada layanan Blogger. Pada event SXSW tahun ini, Google memberikan bocoran tentang berbagai fitur serta fasilitas baru yang akan mereka luncurkan untuk layanan Blogger.

Tahun 2010 adalah tahun yang cukup besar bagi Blogger, seperti yang dituliskan Google, tahun kemarin para pengguna Blogger telah menerbitkan lebih dari setengah miliar blog post, dengan pembaca aktif lebih dari 400 juta di seluruh dunia serta sebaran pengguna mereka yang 75% berada di luar U.S.

Tahun kemarin juga diluncurkan beberapa fasilitas antara lain template desainer, yang juga pernah dibahas di DailySocial, fasilitas statistik yang memberikan data secara real-time, comment spam filtering, mobile templates, web fonts serta berbagai fasilitas lainnya.

Tampilan lama (kiri) dan tampilan baru (kanan)

Salah satu fasilitas baru yang akan diluncurkan adalah tampilan baru dari fasilitas post editor serta dashboard dari Blogger. Tampilan yang akan diluncurkan nanti menampilkan desain yang lebih ‘bersih’ dan modern serta akan menggunakan teknologi Google Web Toolkit. Google juga menampilkan fitur baru yang akan mereka rilis yaitu fitur new content discovery, fitur ini akan membantu para pengguna untuk menemukan konten yang menarik atau berhubungan dengan topik dari blog yang sedang dibaca.

Tampilan lama (kiri) dan tampilan baru (kanan)

Saya sendiri adalah pengguna aktif Blogger, selain WordPress yang saya gunakan untuk bekerja, Tumblr untuk mempublikasikan foto, Posterous untuk beberapa konten yang membutuhkan publikasi cepat, berbagai blog pribadi saya sendiri menggunakan layanan Blogger dari Google, salah satu alasannya adalah kemudahan, semua masuk dalam satu jaringan akun Blogger saya dan karena saya tidak memerlukan untuk mengubah berbagai tampilan dan desain, berbagai fasilitas ‘otomatis’ yang ada di Blogger cukup membantu. Alasan lain untuk tidak meninggalkan Blogger bisa jadi karena perkenalan awal dunia blogging saya adalah dengan Blogger dan sudah cukup banyak konten yang saya terbitkan di sana. Masing-masing layanan punya keunggulan dan kekurangan tersendiri, termasuk juga layanan Blogger.

Fasilitas template designer yang dirilis tahun lalu juga memberikan kemudahan bagi pengguna Blogger yang ingin mengubah tampilan dan desain secara lebih detail. Melihat dari beberapa screenshot yang ada, sepertinya perubahan yang akan terjadi di layanan Blogger cukup menarik untuk ditunggu, terutama dari tampilan dashboard yang baru, meski terasa mirip WordPress, tetapi perubahan ini menampilkan beberapa fasilitas dari Blogger, seperti data statistik singkat pengunjung blog.

Google juga menambahkan bahwa selain perubahan yang disebutkan di atas, akan ada beberapa fitur lain yang akan diungkapkan di tahun 2011 ini. Well, mari kita lihat dan nantikan berbagai perubahan yang akan muncul di layanan Blogger, Anda bisa membaca rilis Google di tautan ini, dan berikut video dari Google yang menjelaskan tentang pertumbuhan layanan Blogger serta penjelasan singkat tentang fitur baru.

Via TechCrunch.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×