• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

Google Realtime Search Kini Punya Alamat URL Sendiri

Google Realtime Search Kini Punya Alamat URL Sendiri

Posted by
Wiku Baskoro

August 27, 2010

Google kini memberikan halaman awal khusus bagi salah satu fitur mereka yaitu Google Realtime Search. Hasil pencarian Google pertama kali muncul bulan Desember yang lalu, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil pencarian realtime. Biasanya fitur ini bisa ditemukan di bagian kanan halaman Google Search, pada pilihan Updates.

Kini Anda bisa menggunakan Google Realtime Search langsung dari alamat URL google.com/realtime untuk mendapatkan hasil pencarian realtime dari Google. Melalui blog mereka, Google menjelaskan ada beberapa alat yang bisa digunakan dalam membantu pengguna untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal serta membantu pengguna dalam usaha untuk lebih memahami hasil pencarian yang didapatkan.

Pada bagian atas Google Realtime Search akan terdapat grafik yang menggambarkan ‘keramaian’ kabar atau berita yang terjadi disekitar pengguna. Grafik ini bisa diatur sesuai lokasi pilihan Anda, misalnya saya bisa mendapatkan hasil pencarian dari tweet pengguna dengan kata kunci Indonesia hanya dari wilayah Bandung saja.

Kemudian, Google Realtime Search juga menyediakan fungsi Conversation View, dimana pengguna bisa mengikuti hasil pencarian berupa percakapan yang terjadi di web. Jika ada hasil pencarian yang berupa percakapan, misalnya tweet yang dibalas oleh banyak pengguna lain, maka akan terdapat tautan khusus di bagian bawah hasil pencarian tersebut, yang ketika di klik akan mengarahkan Anda pada halaman khusus yang hanya berisi hasil pencarian dalam kelompok percakapan tersebut.

Dan terakhir Google juga menambahkan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konten yang muncul di Google Realtime Search pada Google Alerts, yang akan memudahkan pengguna untuk tetap mendapatkan informasi atas suatu topik tertentu, yang bisa ditentukan sendiri. Anda bisa mengatur untuk mendapatkan updates atas suatu topik tertentu, yang akan dikirim ke email Anda begitu konten tersebut muncul pada Twitter atau layanan realtime lain, Anda juga bisa mengatur jumlah hasil pencarian yang akan Anda dapatkan ke email Anda.

Seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, hasil pencarian realtime dari Google ini merupakan langkah yang cukup baik yang dilakukan dari Google, memang kita bisa melakukan hasil pencarian dari konten yang ada di Twitter, misalnya dengan melakukan pencarian lewat web Twitter, namun salah satu kelebihan dari hasil pencarian realtime Google adalah jangka waktu konten yang didapatkan, Google akan menggali konten dari bulan Februari awal tahun 2010, sedangkan Twitter hanya dalam rentang waktu 4 hari.

Google juga menambahkan bahwa Realtime Search serta updates pada Google Alerts tersedia secara global dalam 40 pilihan bahasa, sedangkan fitur Geographic Refinements serta Conversation Views tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang, Rusia dan Spanyol. JIka Anda belum bisa mengakses URL Google Realtime Search, Anda bisa mengunakan tautan ini untuk mencoba layanan Realtime Search dari Google ini.

Anda sudah mencoba Google Realtime Search? Bagaimana pendapat Anda, apakah membantu dalam melacak konten realtime, atau realtime search ini hanyalah fitur gengsi?

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×