Berita 

Google Mulai Perkenalkan Versi Baru dari Layanan Google Analytics

Google Mulai Perkenalkan Versi Baru dari Layanan Google Analytics

Posted by
Wiku Baskoro

March 25, 2011

Salah satu hal yang rutin saya kunjungi sebagai penulis sebuah blog adalah fasilitas analytics, yang memungkinkan saya untuk melihat berbagai data statistik tentang kunjungan serta data lain yang berhubungan dengan pembaca, kebetulan saya menggunakan Google Analytics, salah satu layanan analisis data traffic untuk situs yang cukup lengkap, gratis dan terintegrasi dengan berbagai akun Google.

DailySocial juga pernah menuliskan tentang salah satu fitur dari Google Analytics yang sampai saat ini masih dalam taraf beta yaitu in-page analytics yang mempermudah para pengguna Google Analytics untuk melihat tampilan visual yang berhubungan dengan data statistik dari interaksi pengguna atas halaman situs tertentu.

Baru-baru ini Google memperkenalkan versi terbaru dari Google Analytics yang akan menyediakan berbagai pembaruan dan perubahan pada layanan Google Analytics. Perkembangan tentang versi terbaru ini telah diumumkan oleh Google, sekitar satu minggu yang lalu pada acara Google Analytics User Conference. Kini Google merilis satu perubahan sebagai awal dari berbagai pembaruan yang akan dirilis Google untuk versi Google Analytics terbaru mereka, pembaruan pertama adalah tampilan dashboard dari Google Analytics.

Tampilan Dasboard dari Google Analytics yang baru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi dashboard dari Google Analytics. Google menjelaskan bahwa tampilan dashboard di versi terbaru Google Analytics ini akan mampu di kustomisasi oleh pengguna secara pernuh serta sepenuhnya widget-based.

Ada 4 widget yaitu Metric, Pie Chart, Timeline, dan Table. Empat widget ini akan membantu pengguna untuk memilih tampilan visual dari data mana yang cocok untuk mereka. Layout dashboard juga nantinya akan terdiri dari 3 kolom yang bisa dikustomisasi dengan drag-drop berbagai widget sesuai dengan preferensi Anda.

Selain itu, di versi baru dari Google Analytics ini nantinya akan menyediakan fasilitas untuk membuat multiple dashboard yang terkustomisasi, sampai dengan 20/profil. Jadi pengguna Google Analytics bisa membuat berbagai data statistik tentang pengunjung situs mereka berdasarkan preferensi masing-masing, misalnya satu dashboard untuk mendata konten yang lain untuk SEO atau ditentukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Google meluncurkan berbagai perubahan ini secara bertahap, mulai dari yang mendasar terlebih dahulu seperti halnya dashboard, dan perkembangan selanjutnya akan terus di rilis oleh Google.

Saat ini versi terbaru dari Google Analytics ini masih dalam versi beta dan baru diperkenalkan pada pengguna terbatas, namun Google juga membuka akses awal bagi mereka yang ingin mencoba untuk mendaftarkan diri, saya sendiri termasuk yang mencoba untuk mendaftarkan diri agar bisa mencoba versi terbaru dari Google Analytics ini.

Salah satu hal yang paling penting dalam mengelola situs (apapun itu bentuknya, blog atau yang lain) bagi saya adalah statistik. Saya sendiri tidak sabar untuk mencoba versi terbaru dari Google Analytics ini, semoga saja saya termasuk salah satu pengguna yang diberikan akses awal, jika ia, perkembangan serta tampilan baru akan coba saya bagikan untuk pembaca DailySocial.

Bagi Anda pengguna Google Analytics yang ingin mencoba versi baru dan ingin mendaftarkan diri untuk akses awal bisa menuju tautan ini, informasi lengkap tentang versi terbaru dari Google Analytics bisa dilihat di sini.

Via ReadWriteWeb.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×