Berita 

Google ‘Merombak’ Google Docs

Google ‘Merombak’ Google Docs

Posted by
Wiku Baskoro

April 14, 2010

Google menambah beberapa fitur untuk aplikasi kerja mereka Google Docs. Aplikasi untuk kerja ini memungkinkan anda mengerjakan berbagai pekerjaan Office dengan bantuan internet sehingga data akan di simpan di cloud dan anda bisa mengakses dokumen dari mana saja, asal ada sambungan internet.

Kemarin Google mengumumkan versi terbaru dari Google Docs, termasuk new Google Document, spreadsheet editor serta drawing editor baru, kesemuanya dibangun dengan fokus pada kecepatan dan kolaborasi.

Beberapa pembaruan yang saya kutip dari blog resmi Google. Untuk aplikasi Docs, kini tersedia fitur margin ruler, lalu fungsi pemberian nomor serta bullets yang lebih baik serta pilihan yang lebih mudah untuk memindahkan gambar. Sedangkan pembaruan di aplikasi spreadsheet kini user akan menemukan bar untuk mengedit formula, lalu cell auto-complete, fitur drag-and-drop kolom, serta beberapa fitur lain yang dulu tidak dimungkinkan dilakukan dengan teknologi browser yang lama.

Google juga melakukan perbaikan dalam mengimpor dokumen, kini upload dokumen menjadi lebih mudah serta dokumen yang di impor dalam Google Docs menjadi lebih akurat dan struktur file dokumen asli bisa tetap dipertahankan, jadi user nantinya tidak perlu memperbaiki format untuk fitur bullets dan text alignment.

Fokus pada kecepatan, dengan teknologi browser paling baru, seperti proses JavaScript yang lebih cepat, maka kecepatan Google Docs pun mengalami peningkatan yang signifikan, termasuk untuk pengerjaan spreadsheet dengan skala yang sangat besar.

Kolaborasi yang lebih cepat. Kini Google mempersilahkan user untuk berkolaborasi dengan 50 orang sekaligus, dan setiap kali rekan yang berkolaborasi dengan anda melakukan editing, maka apa yang mereka ketik akan terlihat, mirip yang ada pada fitur serupa di Google Wave. Selain itu, dengan fitur editor baru untuk menggambar, kini user bisa berkolaborasi dengan berbagai fitur yang tersedia di Google Docs seperti flow charts, diagram, serta berbagai skema lain yang bisa dilakukan secara real time.

Untuk mulai mencoba anda bisa menuju ke fungsi settings dibagian kanan atas aplikasi Google Docs, kemudian klik editing tab kemudian beri tanda centang dengan melakukan klik pada bagian teks ‘Create new text documents using the latest version of the document editor’.

Untuk pengumuman legkap anda bisa melihat  di sini, atau di sini, serta  berikut video penjelasan tentang berbagai perkembangan baru ini yang saya ambil, juga dari blog Google.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×