1. Startup

Gogonesia Tawarkan Pencarian Mudah Berbagai Paket Aktivitas Wisata di Indonesia

Ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami, mencari sejumlah aktivitas wisata di Indonesia memang bukan perkara yang mudah. Banyaknya pilihan paket tur wisata yang tersedia saat ini tentu cukup menyita waktu jika harus dicari satu per satu. Untuk memudahkan hal tersebut, startup lokal bernama Gogonesia punya solusinya, cukup dengan memasukkan satu kata kunci yang diinginkan, pengguna bisa langsung memesan sejumlah paket wisata se-Indonesia lengkap dengan sejumlah penawaran harga spesial.

Secara garis besar, Gogonesia mengusung konsep marketplace wisata. Layanannya menyajikan pencarian yang terkurasi dari sejumlah paket wisata yang disediakan oleh sejumlah agen dan penyedia paket aktivitas wisata. Aktivitas yang bisa dipesan antara lain seperti berbagai paket liburan, hingga paket spa, dan lain sebagainya. Konsep seperti ini sebelumnya juga bisa ditemukan pada beberapa startup lokal semacam Valadoo yang kini telah merger dengan Burufly, dan juga Tripvisto yang belum lama ini baru saja meraih pendanaan dari East Ventures.

Masuk di pasar yang telah memiliki beberapa kompetitor bukan berarti membuat Gogonesia tak memiliki peluang yang baik. Hal ini mungkin saja bisa dibuktikan lewat layanannya yang cukup prima. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, startup yang merupakan salah satu finalis Ideabox batch kedua ini mengandalkan kekuatan fitur pencarian kata kunci sebagai poros utama layanan marketplace wisatanya. Kata kunci yang dimasukkan bisa berkaitan dengan destinasi, dan juga aktivitas wisata yang diinginkan.

Untuk menarik minat pasar, Gogonesia juga memiliki sejumlah penawaran harga spesial yang cukup kompetitif. Penawaran ini tak hanya terbatas pada pengguna umum, namun juga ditawarkan bagi pengguna corporate. Khusus penawaran ini, pengguna sebelumnya diharuskan untuk mendaftarkan perusahaannya terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan potongan harga menarik. Di samping itu, Gogonesia juga menawarkan promosi voucher bagi pengguna baru yang mendaftar saat ini.

Dalam metode pembayaran, Gogonesia menyajikan opsi pembayaran yang cukup umum ditemui dalam setiap bisnis online. Sejauh ini, Gogonesia baru menerapkan beberapa metode seperti transfer antar rekening bank, kartu kredit, dan juga PayPal. Belum terlihat jalinan kerja samanya dengan jasa pembayaran lain, namun opsi pembayaran tadi jelas mendukung model bisnis Gogonesia yang datang dari komisi dari setiap transaksi.

Gogonesia saat ini masih fokus dalam merambah pasar wisata domestik. Sejauh mencobanya, saya belum berhasil menemukan paket aktivitas wisata dari pasar internasional seperti yang telah disajikan Valadoo dan Tripvisto – jika berdasarkan pada keterangan Sumartok selaku CEO Tripvisto yang berjanji akan menghadirkan coverage pasar yang luas.

Hal itu tentu tidak menjadi persoalan yang besar bagi Gogonesia yang baru mulai menapaki industri wisata online lokal yang terus bertumbuh pesat. Sejatinya, bagi Gogonesia hanya membutuhkan sedikit waktu untuk bisa memperluas jangkauan layanan seperti yang dilakukan oleh pesaingnya, sembari bisa melakukan adaptasi di ranah mobile yang juga semestinya menjadi perhatian di masa mendatang.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again