1. Startup

GMail Bisa Diakses Offline

Tim Gmail hari ini melalui blognya, mengumumkan fitur baru yang dikerjakan oleh Tim Google Labs yang amat produktif. Banyaknya feedback yang menginginkan Gmail bisa diakses offline seperti Google Reader rupanya masuk akal dan langsung dikerjakan oleh Tim Gmail.

Hari ini pun fitur itu dilepas dibawah bendera Gmail Labs (baca:experimental). Fitur ini menggunakan engine dari Google Gears untuk menyimpan data secara offline dengan mendownload cache file dari email anda. Jadi ketika anda kehilangan koneksi internet, anda tetap dapat mengakses Gmail.com dan membuka email-email anda. Meskipun offline, anda tetap dapat melakukan kegiatan email layaknya online seperti favorite, label, dll. Anda bahkan dapat mengirim email secara offline, namun email anda akan benar-benar terkirim begitu anda terkoneksi kembali.

Seperti biasa, untuk mengaktifkan fitur ini anda cukup masuk ke menu Settings >> Labs. Lalu klik 'enable' pada baris 'Offline Gmail', lalu tekan tombol 'Save Changes'. Jika berhasil, maka akan muncul link 'Offline' dibagian kanan pojok atas disebelah username anda. Lalu untuk memulai caching email anda ke lokal, anda terlebih dahulu harus menginstall Google Gears.

Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again