• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita 

GfK: Booming Smartphone Masih Berlanjut di Asia Tenggara

GfK: Booming Smartphone Masih Berlanjut di Asia Tenggara

Posted by
Amir Karimuddin

April 27, 2012

GfK Asia merilis hasil survei yang dilakukan di sejumlah negara di Asia Tenggara, berkaitan dengan penjualan smartphone di kawasan tersebut. Survei tersebut menyimpulkan bahwa booming smartphone di Asia Tenggara masih berlanjut, di mana secara total hampir 7.7 juta unit smartphone yang terjual selama kuartal I 2012 dengan nilai $2.4 Miliar. Peningkatan penjualan smartphone di kawasan ini meningkat di kisaran 70-400% dibandingkan setahun lalu, dengan Filipina mencetak persentase peningkatan tertinggi.

Indonesia tentu saja menjadi pasar terbesar, di mana nilai penjualan melebihi angka $1.4 miliar (58% dari total penjualan kawasan) dan tingkat penetrasi smartphone mencapai 62%. Hal tersebut disampaikan oleh Gerrard Tan, Account Director for Digital Technology, GfK Asia. Saya mungkin tidak setuju bahwa angka 62% ini menjadi total ukur penetrasi smartphone di berbagai kawasan di Indonesia. Tidak mungkin (untuk saat ini) smartphone memiliki penjualan yang lebih besar ketimbang feature phone di Indonesia. Asumsi saya, angka survei ini hanya mencerminkan kondisi di sejumlah kota besar di Indonesia.

Untuk urusan tingkat penetrasi smartphone, Malaysia dan Singapura menjadi juaranya. Tingkat penetrasi di kedua negara tersebut mencapai angka 88%, atau kasarnya 9 dari 10 orang di sana menggunakan smartphone. Berdasarkan pengamatan saya secara langsung di negara-negara tersebut nampaknya kenyataannya memang seperti itu — dengan iPhone dan ponsel-ponsel Android mendominasi.

Dengan total penduduk Asia Tenggara mencapai lebih dari 600 juta jiwa dan tingkat pertumbuhan smartphone di beberapa negara kawasan ini yang belum mencapai titik jenuh, ini merupakan fakta yang menarik bagi produsen ponsel. Selain itu para pengembang juga bisa meyakinkan diri untuk fokus ke pasar smartphone dengan potensi yang luar biasa.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×