1. Startup

GEPI dan Kedutaan Amerika Serikat Adakan IP App Challenge

The Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI) dan Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia mengadakan tantangan pembuatan aplikasi bertajuk IP (Intelectual Property) App Challenge. Tujuan kompetisi ini untuk mempromosikan hak-hak kekayaan intelektual melalui aplikasi mobile. Terdapat hadiah sebesar $5000 untuk dua tim pemenang (profesional dan mahasiswa/pelajar/hacker), termasuk dukungan untuk pengembangan, pemasaran dan peluncuran aplikasi ini.

Kriteria aplikasi mobile yang diinginkan sangat bebas. Aplikasinya bisa dibuat di platform apapun (iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows 8 for Tablet) dan dengan kategori apapun (jejaring sosial, permainan, e-commerce dan lain sebagainya). Peserta dapat terdiri hingga maksimal lima orang. Hal paling penting adalah sisi promosi tentang pentingnya perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual.

Kepedulian terhadap hak kekayaan intelektual, terutama yang berkaitan dengan barang digital, di Indonesia adalah penting mengingat menurut Business Software Alliance  diperkirakan lebih dari 87% piranti lunak yang tertanam di PC di Indonesia adalah bajakan dan negara ini adalah surga barang bajakan yang berupa musik dan film.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hari ini (10 Oktober 2012) di @america Pacific Place Jakarta akan dilakukan IP App Challenge Workshop. Pendaftarannya sendiri paling lambat ditunggu hingga 31 Oktober. Apa saja yang perlu dilakukan oleh peserta? Selain mengisi formulir pendaftaran, peserta harus menyiapkan "demo" (tidak harus berusaha aplikasi yang berfungsi penuh) dan mengidentifikasi apakah berasal dari kalangan profesional atau mahasiswa.

Penjurian akan dilakukan tanggal 29 November dan para pemenangnya diharapkan sudah bisa meluncurkan produknya bulan Maret 2013. Kriteria penjuriannya adalah sebagai berikut:

  • Likelihood of reaching Indonesian public
  • Impact to IP awareness
  • Impact to IP enforcement
  • Impact to IP protection
  • Uniqueness
  • Functionality
  • Design
Disclosure: DailySocial adalah media partner acara kompetisi ini
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again