Berita  Event 

GeekFest 2012 Coba Wadahi Kolaborasi Antar Komunitas

GeekFest 2012 Coba Wadahi Kolaborasi Antar Komunitas

Posted by
Wiku Baskoro

April 3, 2012

Acara GeekFest 2012 (GeekFestID 2012) telah diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu kemarin, 31 Maret – 1 April 2012. Acara yang diselenggarakan oleh Fowab dan KibarKreasi ini diadakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, mengajak lebih dari 20 partisipan yang berasal dari berbagai komunitas.

GeekFest sendiri, yang terinspirasi oleh acara SXSW, seperti yang disebutkan dalam rilis pers beberapa waktu yang lalu memang ditujukan untuk mengkolaborasikan berbagai komunitas yang ada seperti musik, video, multimedia, teknologi informasi dan game. Ada beberapa bagian acara yang disediakan di event ini, seperti acara utama, mini stage serta eksibisi dari berbagai komunitas, selain dari komunitas yang telah disebutkan ada juga dari komik, graffiti art dan komunitas lain.

Meski tidak semua memberikan karya berupa kolaborasi, namun yang diberikan highlight dalam acara utama adalah tentang kolaborasi. Selain kolaborasi dalam bentuk karya, kolaborasi juga hadir dengan berkumpulnya beberapa komunitas dalam satu acara.

Kolaborasi karya yang ada, mengambil beberapa contoh misalnya dari Movieholic yang berkolaborasi membuat film berdasarkan foto yang dikumpulkan oleh komunitas foto iPhonesia. Kolaborasi juga tampil dari Riset Indie dengan produk mereka animatronic yang berkolaborasi dengan penampilan dari Bottlesmoker ditambah live drawing sebagai latar belakang ketika mereka tampil menghibur penonton. Dari genre film dan musik juga hadir kolaborasi, seperti Kepompong Gendut yang sedang dalam proses persiapan peluncuran film mereka Demi Ucok (yang kini dalam proses crowdfunding untuk mengumpulkan dana agar bisa diputar di seluruh bioskop lokal) yang berkolaborasi dengan Homogenic yang membuat video klip mereka. Keduanya tampil di acara utama GeekFest 2012.

Selain itu ada pula kolaborasi lain dari Petshopbox Studio yang juga membuat maskot GeekFest yang berkolaborasi dengan Fowab membuat game Twitter Runner, asset game – karakter dibuat oleh Petshopbox, sedangkan game sendiri dikembangkan oleh Yohan dari Fowab (backend) dan Ibnu Triyono (front end). Game ini menggunakan hastag yang di tweet oleh pengunjung, dimana hastag yang paling banyak di-tweet akan menjadi pemenang. Karakter atlet tampil di layar dan bergerak layaknya balapan lari. Acara pembuka GeekFest 2012 juga menampilkan kolaborasi antara Saung Angklung Ujo dengan para peserta yang mencoba mengikuti memainkan Angklung dengan menggunakan aplikasi iAngklung di iPhone.

Saya sendiri, yang merupakan bagian dari panitia (disclosure lihat bagian bawah), berharap bahwa kolaborasi bukan hanya saat acara berlangsung saja, tetapi bisa juga setelah acara. Ketika dalam satu event berkumpul dari berbagai komunitas, tentunya kolaborasi diharapkan bisa terjadi, minimal satu komunitas lainnya saling berkenalan, misalnya studio game dengan pemusik, yang mungkin nantinya bisa berkolaborasi untuk membuat musik dalam game dari band tertentu, atau misalnya Jogja Force, yang juga hadir dan mendemostrasikan proses art mereka yang mungkin bisa berkolaborasi dengan komunitas lain, misalnya video atau multimedia.

Acara di panggung utama juga tidak melulu hanya berisi pertunjukkan saja, tetapi juga bercerita tentang proses karya kreatif mereka, ini juga menjadi fokus dari penyelenggarakan GeekFest, dimana selain penampilan karya ditampilkan juga orang dibalik karya tersebut dan bercerita tentang proses karya mereka, seperti OpenLabs yang setelah tampil juga bercerita tentang komunitas mereka atau orang dibalik film Demi Ucok yang bercerta tentang film serta proses crowdfunding atau Joko Anwar yang bercerita tentang behind the scene film Modus Anomali, serta berbagai proses sharing lainnya.

Selain itu perkenalan tentang pembuat karya juga bisa ditemukan di area eksibisi, dimana selain pamer karya, pengunjung bisa mencoba langsung karya dan berkenalan dengan orang dibalik karya tersebut, seperti booth komunitas game atau musik elektronik Ableton Live.

Acara di mini stage, Agate Simfonia atau Agate Akustik yang merupakan ‘grup band’ yang membuat musik untuk game Agate juga ikut tampil dan mempersembahkan beberapa lagu, termasuk komposisi lagu dari game Titok milik Agate Studio, selain itu pada area mini stage tampil pula beberapa penampil acara yang juga bisa mewakili komunitas – selain yang telah disebutkan di atas lain seperti LifePatch, StandUp Comedy, HitmanSystem dan berbagai komunitas lain.

Saya sendiri lebih banyak mengurus booth komunitas game. Meski hanya bisa menampung beberapa game studio saja tidak bisa menampung semua game studio/developer di Indonesia (beberapa game studio mewakili GameDevID yang ikut antara lain NightSpade, TinkerGames, Studio Independent, serta Digital Happines, teman-teman Gamelan, meski hadir, batal untuk memperkenalkan game mereka karena ada force majeur serta ada pula Jotter Production dan Altermyth), namun saya pribadi berharap acara ini bisa memberi ruang bagi mereka untuk memperkenalkan game dan komunitas game pada para pengunjung, serta semoga juga bisa membuat ruang kolaborasi dengan komunitas lain. Salah satu studio game – TinkerGames menggunakan acara ini sebagai cara untuk mendapatkan umpan balik dari game yang sedang mereka kembangkan. Studio game lain – Jotter dan Altermyth unjuk kebolehan dengan melakukan live drawing serta mengadakan kompetisi Fan Art Speed Painting.

Beberapa komunitas – peserta booth lain seperti JogjaForce, Twittalk, atau Malesbanget.com yang menghibur pengunjung dengan booth serta berbagai aktivitas yang ditawarkan, ada pula Twitalk dengan wawancara live via Twitter, dan MalesBanget.com dengan kekocakkan mereka.

Event GeekFest yang baru pertama kali diselenggarakan ini memang jauh dari sempurna, masih banyak kekurangan dan masih memerlukan perbaikan untuk acara selanjutnya, namun ketika saya ngobrol dengan beberapa pihak yang kompeten di bidangnya (sering mengadakan atau mengikuti event) ide dan konsepnya cukup menarik, eksekusi yang harus diperbaiki. Tentunya perbaikan juga bisa kita harapkan untuk event yang menurut rencana akan digelar secara rutin setahun sekali.

Disclosure: DailySocial adalah media partner dari acara GeekFest 2012, saya sendiri aktif di Fowab dan juga menjadi salah satu panitia penyelenggara GeekFest 2012.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×