Opini 

Gantibaju.com Mengganti ‘Baju’ mereka

Gantibaju.com Mengganti ‘Baju’ mereka

Posted by
Wiku Baskoro

September 28, 2010

Setelah beberapa hari yang lalu muncul berita menggembirakan dari Gantibaju yang menjadi satu-satunya aplikasi lokal yang masuk dalam Daftar Asia’s Top 10 Apps, kini mereka secara resmi mengumumkan perubahan tampilan dari situs mereka.

DailySocial juga sebelumnya telah menuliskan bahwa Gantibaju tengah mempersiapkan tampilan baru dengan berbagai fitur dan fasilitas tambahan yang mereka sediakan. Kini pengguna telah bisa melihat tampilan baru situs mereka dengan latar belakang yang tidak lagi dominan putih, beberapa elemen desain seperti huruf serta kotak pembatas area juga telah diubah desainnya menjadi menyatu dengan aura desain/kreatif yang diusung oleh Gantibaju.com.

Dari blog resmi mereka, beberapa perubahan yang terjadi pada ‘baju’ Gantibaju yang baru ini antara lain, berbagai fitur yang diluncurkan untuk lebih memanjakan komunitas mereka, gaban, seperti fasilitas untuk mengunggah foto bagi para gaban, komunitas yang lebih ramai serta halaman profil pengguna.

Kemudian ada pula achievement badges sebagai penghargaan bagi pengguna mereka yang aktif berkontribusi, kemudian diadakannya program tahunan Gantibaju Awards, serta transparasi royalti yang memberikan fasilitas pada para desainer yang berpartisipasi di Gantibaju untuk melihat pendapatan yang telah mereka terima di Gantibaju.

Kalau melihat penjelasan dari Rajasa pada artikel DailySocial yang sebelumnya, perubahan tampilan Gantibaju ini memang lebih kepada desain serta perbaikan pada prosedur checkhout serta beberapa hal teknis ‘dibalik layar’, serta lebih memberikan titik berat pengguna serta desainer yang ada di Gantibaju.com, seperti misalnya kalau Anda melihat salah satu desain yang telah dijadikan baju atau Anda sedang melihat berbagai desain baju untuk melakukan belanja, maka dibagian kanan selain ada penjelasan tentang desain, terdapat juga penjelasan dari desainer yang membuat desain tersebut.

Saya sendiri cukup suka dengan tampilan mereka yang baru, lebih kerasa aura desainnya, mengingat Gantibaju adalah sebuah situs yang menerima kiriman desain dari pengguna mereka, elemen desain tetap harus ditempatkan dibeberapa bagian, meski jangan terlalu banyak, karena malah mendistorsi desain yang sedang dalam masa voting. Saya pikir proporsinya cukup pas untuk desain Ganjibaju yang sekarang ini.

Namun, entah karena baru beberapa hari rilis, sekitar 4 hari, masih terdapat bug, misalnya ketika saya mau melakukan log masuk, teks keterangan tentang dimana saya harus mengisi nama akun yang saya gunakan, keterangan itu menumpuk dengan teks yang saya tulis. Untuk dropdown menu yang menjelaskan tentang beberapa halaman yang ada di Gantibaju, sepertinya juga agak terlalu panjang sehingga menutup beberapa bagian keterangan dibagian atas ketika kita masuk pada halaman tertentu.

Tetapi secara keseluruhan, sebagai salah satu aplikasi lokal yang terpilih dan mendapatkan review media (blog teknologi) yang cukup luas, Gantibaju kini mulai melangkah ke masa dewasa dari pertumbuhan bisnis serta startup mereka, seperti juga beberapa fitur yang diluncurkan bersamaan dengan tampilan baru ini, mengindikasikan langkah Gantibaju dalam merangkul pengguna, serta komunitas yang lebih luas dan membuatnya lebih solid, salah satu caranya, dengan beberapa fasilitas yang melibatkan pengguna serta desain mereka dengan lebih dekat, ini juga menjadi catatan menarik untuk melihat perkembangan Gantibaju di masa depan.

Untuk Anda yang penasaran dengan tampilan mereka bisa langsung menuju ke tautan Gantibaju.com, dan jangan lupa untuk memberikan pendapat, saran atau kritik Anda pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×