1. Startup

Game Horror Dreadout Berhasil Mencapai Target Penggalangan Dana di Indiegogo

Game horror lokal yang juga merupakan salah satu finalis id-byte 2013, DreadOut, kemarin (19/5) telah menerima pendanaan  penuh dari situs crowdfunding Indiegogo, 12 jam lebih cepat dari tenggat waktu yang telah ditentukan. Digital Happiness, perusahan Bandung yang mengembangkan game ini berharap mendapatkan dana USD 25.000 untuk dapat segera menyelesaikan DreadOut agar dapat dirilis di bulan November ini. Kampanye crowdfunding semakin ditekankan setelah melepas demo di bulan Maret lalu yang terbukti sukses.

Digital Happiness mengumumkan pencapaiannya pada Minggu dini hari melalui akun Twitter resmi game DreadOut

Selain menggunakan jasa Indiegogo, Digital Happiness juga mencari dana terpisah dari pendukung lokal yang ingin berkontribusi langsung melalui transfer bank. Masa kontribusi melalui dana terpisah ini ditutup pada pukul 10 pagi hari Minggu agar dana tersebut dapat disalurkan ke Indiegogo sebelum tenggat waktu tengah malam Waktu Pasifik (pukul 2 siang, Minggu, WIB) berakhir.

Penyaluran dana tambahan ini penting, mengingat adanya pendistribusian insentif dan hadiah seperti yang sudah dijelaskan di laman Indiegogo Project. Hingga tulisan ini diturunkan, Dreadout telah menerima sumbangan lebih dari 500 orang dari seluruh dunia dan lebih dari 275 orang menyumbang sebesar $ 15 yang merupakan nominal minimum untuk mendapatkan download game serta bonus wallpaper untuk perangkat PC dan juga mobile devices. Pada akhirnya DreadOut menerima lebih dari $29.000.

Tercatat, ada lima orang yang menyumbang sebesar  $1000 dan berhak mendapatkan collectible items dari game horror tersebut. Disebutkan bahwa para donatur besar tersebut akan mendapatkan kalung replika perak eksklusif yang dikenakan oleh karakter utama – Linda, patung resin karakter Linda yang telah dicat, sebuah buku komik digital, majalah, DVD dari game DreadOut beserta soundtrack-nya, poster, pin, stiker, replika tas yang dikenakan Linda, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada bulan April lalu, Digital Happiness berpartisipasi dalam gelaran roadshow id-byte di Bandung, sebuah acara yang mencari startup teknologi dan segenap project lainnya yang berpotensi untuk tumbuh menjadi perusahaan kelas dunia. Pada acara tersebut, DreadOut mendapatkan respon yang sangat baik dari penonton dan juga juri sebagai tim yang mengajukan presentasi dan perkembangan terbaik di antara peserta lainnya. Melihat hal tersebut, pantas rasanya bahwa DreadOut mendapatkan hak untuk pitch dengan finalis lainnya di acara final id-byte 2013 yang diadakan pada 11-13 Juni 2013 mendatang.

Sebelumnya, DreadOut telah mencoba untuk melakukan pertemuan dengan beberapa perusahan venture capital dan investor yang tidak menghasilkan apa-apa. Beberapa investor sebelumnya meminta mereka untuk mengubah platform mereka ke mobile gaming sementara pihak lain mencoba untuk menggeser tema horror yang mereka usung sejak awal.

Kami pertama kali menulis tentang game ini pada Januari 2012 lalu ketika Digital Happiness berpartisipasi di acara Jakarta Ventures Night yang diadakan oleh perusahaan venture capital asal Singapura, East Ventures. Pada waktu itu, Digital Happiness berharap game tersebut dapat dirilis pada bulan Juni tahun 2012, namun sayang pengembangannya terhambat dan mereka hanya mampu merilis demo gamenya pada bulan Maret kemarin. Setelah sukses menggalang dana melalui Indiegogo, diharapkan versi utuh DreadOut dapat diselesaikan tepat waktu, dan mungkin saja setelah perhelatan id-byte 2013 mendatang, akan ada investor yang tertarik untuk membantu pengembangan game ini setelah terbukti bahwa tim ini memiliki potensi yang sangat besar.

Selanjutnya, Digital Happiness akan mengadakan presentasi terbuka di acara Casual Connect 2013 di Singapura yang akan diadakan pada tanggal 21-23 Mei di hotel Shangri-La, dilanjutkan dengan acara Game Developers Gathering di Jakarta pada tanggal 25 Mei mendatang di kampus JWC Universitas Bina Nusantara. Detail selengkapnya terkait pendanaan dan hadiah bagi para kontributor dapat ditemukan di laman games Indiegogo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again