1. Startup

Game Developer Gathering Mantapkan Ekosistem Industri Game Tanah Air

Industri game telah mewujud menjadi salah satu bisnis yang sangat potensial di dunia. Tidak hanya sebagai hiburan semata, industri game di Indonesia sendiri telah memiliki sekitar 400 pengembang dan 1000 game yang telah dilahirkan. Berangkat dari hal tersebut, Game Developer Gathering (GDG) hadir sebagai ajang berbagi dan mengembangkan industri ini dari para penggiatnya.

GDG sendiri merupakan sebuah konferensi developer game terbesar di Indonesia, ajang tahunan non profit ini diharapkan mampu menghubungkan mahasiswa, pengembang game, investor, publisher, dan media, dalam sebuah platform untuk saling berbagi mengenai pengelaman mereka selama berkecimpung di industri game. Pada tanggal 6 Desember 2014 kemarin, GDG baru saja menghelat konferensi mereka yang kedua.

“Kami berharap GDG 2014 ini menjadi hub untuk mengembangkan industri game di Indonesia. Event ini akan menjadikan Indonesia menjadi salah satu kekuatan utama di industri game dunia,” ucap CEO Duniaku.net Robbi Baskoro dalam siaran pers yang kami terima.

Melalui acara GDG tersebut, sebanyak 27 game dari total 100 game pengembang lokal  kini dapat dinikmati oleh pelanggan XL melalui toko aplikasi miliknya, Gudang Aplikasi. Plt Chief Digital Services Office XL Yessie D. Yosetya menambahkan, “Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri kreatif Indonesia, terutama untuk mendorong pertumbuhan para pengembang game dan aplikasi lokal lainnya. Hasil karya mereka tidak kalah dengan produk luar. Karena itu, dengan sangat terbuka dan antusias, melalui Gudang Aplikasi, XL akan terus berusaha membantu para pengembang lokal untuk memasarkan hasil karya mereka agar bisa dikenal di dunia."

GDG 2014 kali ini diprakarsai oleh Duniaku.net dan Toge Productions atas kerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan program studi Teknik Informatika Universitas Multimedia Nusantara (UMN) selaku tuan rumah tempat diselenggarakannya acara. Tidak hanya sharing, perhelatan ini turut diisi dengan showcase beberapa game buatan pengembang lokal, workshop teknologi pengembangan game, dan open recruitment bagi masyarakat yang ingin terjun di bidang pengembangan game.

Harapannya GDG mampu menjadi medium yang berperan serta dalam penyebaran pengembang game dari seluruh Indonesia. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Teknopreneur, terungkap bahwa sebaran industri game di Indonesia masih didominasi di wilayah Jabodetabek saja.

Beberapa pembicara dari developer papan atas Indonesia dan internasional hadir dalam GDG 2014 dan membagikan ilmunya dalam GDG kali ini, antara lain Kris Antoni (CEO Toge Productions), Anton Soeharyo (CEO Touchten Games), Rahmad Imron (Game Producer Digital Happiness), dan Ami Raditya (Kreator Vandaria). Selain itu, beberapa nama dari perusahaan kelas dunia juga siap membagikan pengalaman mereka, seperti Manami Matsumae (Komposer Megaman), Vaibhav Odhekar (POKKT), Richard Kim (Facebook Asia Pacific) dan Kazuki Eitaki (Namco Bandai).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again