1. Startup

Layanan Pengantaran Makanan Foodpanda Dapatkan Tambahan Pendanaan $20 Juta

Layanan pengantaran makanan foodpanda dan afiliasinya hellofood, yang didukung oleh Rocket Internet, mengumumkan perolehan pendanaan tambahan senilai $20 juta dari grup investor, termasuk di dalamnya Phenomen Ventures yang juga telah berinvestasi di foodpanda tahun lalu. Dengan investasi ini, foodpanda berencana memperluas pasarnya menjadi 40 negara di empat benua per akhir kuartal pertama 2014.

Ralf Wenzel, Co-Founder dan Global Managing Director foodpanda/hellofood, tentang pendanaan ini mengatakan, "Kami saat ini adalah marketplace global terpercaya untuk pengantaran makanan dan terus berkembang di Asia, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Telah memperoleh kepercayaan dari investor berpengalaman, kami akan dapat melanjutkan strategi pertumbuhan kami untuk menjadi merk Internet global sesungguhnya. Lebih jauh, kami akan mendorong ekspansi kami di pasar yang sudah ada, untuk hadir di setiap sudut negara tempat kami beraktivitas. Kami terus berinvestasi di layanan pelanggan, membuat langkah yang paling nyaman untuk memesan makanan -- tidak peduli di manapun konsumen berada."

Tahun lalu, foodpanda telah berkembang di 20 negara dan meluncurkan aplikasi mobile untuk platform iOS dan Android. Di awal tahun ini foodpanda bakal mengembangkan lebih banyak lagi pasar di negara-negara Eropa Timur dan Afrika. Sebelumnya foodpanda telah memperoleh pendanaan $20 juta dari Phenomen Ventures dan Investment AB Kinnevik serta $8 juta dari iMENA Holdings.

Di Indonesia sendiri foodpanda telah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Pulau Bali dengan porsi pemesanan melalui aplikasi mobile meningkat pesat (mencapai 25% sesaat setelah diluncurkan di April 2013). Sesuai dengan pernyataan Ralf sebelumnya, tahun ini seharusnya layanan pengantaran makanan ini bakal menjangkau lebih banyak kota di Indonesia dan kami harapkan bisa memberikan alternatif skema pembayaran -- tak hanya menawarkan metode COD (cash on delivery).

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again