1. Startup

Follow Yahoo di Twitter

Nampaknya Yahoo tidak bisa memalingkan muka dari Twitter, tidak seperti Google yang seperti menampik kepopuleran Twitter dan menolak bekerjasama. Twitter sebagai sebuah media baru yang sedang populer ini rupanya turut dimanfaatkan juga oleh Yahoo untuk memperluas jaringan informasinya. Account @yahoo di Twitter-pun dipakai sebagai "markas" utama di Twitter. Dibawah manajemen @yahoo, terdapat banyak sumber-sumber informasi yang spesifik yang bisa dinikmati pengguna Twitter yang mem-follow @yahoo, antara lain @yahoo_directory, @yahoosearchdata, @yahoomovies, @yahoo_sports, @YahooNews, @yahoonews_odd, @Yahoogames, @YahooBuzz, @yahoomessenger, @ymailblog, @yahoogroups, @delicious, @OneConnect, @YahooGeo, @YahooResearch, @ydn (Yahoo! Developer Network), @YUILibrary, dan @ysearchFE.

Langkah ini menarik untuk diikuti, mengingat Google sebagai salah satu raksasa dan juga kompetitor (calon rekanan??) dari Yahoo yang menunjukkan ketidak-tertarikannya akan Twitter dengan membangun platform microbloggingnya sendiri dengan mengakuisisi Jaiku. Selain itu Google juga menolak untuk mengembangkan pencarian untuk microblogging, yang akhirnya diambil oleh Twingly. Untuk alasan kenapa Google menolak bekerjasama dengan Twitter memang belum ada pernyataan resmi, dan kita hanya bisa berspekulasi saja. Ada yang mengatakan bahwa Google sedang mempersiapkan platform untuk Jaiku, ada yang mengatakan Google menganggap serius persaingan dengan Twitter, ada yang bilang karena karena account @google sudah terlanjur diambil (LOL) dan sebagainya.

Sebuah hal yang pasti, langkah Yahoo untuk masuk ke Twitter (mungkin karena Yahoo tidak mengembangkan microblogging - cmiiw) merupakan strategi untuk menjangkau lebih banyak pembaca /pengguna di Twitter. Langkah yang sama yang dilakukan oleh Antara, Detik, Jikustik, SheilaOn7, dkk namun sayangnya kurang diperkenalkan ke pengguna berbahasa Indonesia jadi justru jadi kurang efektif. Betul? :D

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again