Berita 

Fitur Baru Dari: Google Reader, SlideShare, Bing Shopping

Fitur Baru Dari: Google Reader, SlideShare, Bing Shopping

Posted by
Wiku Baskoro

May 10, 2010

Beberapa fitur terbaru dari aplikasi seperti Google Reader, SlideShare dan Bing telah diluncurkan akhir minggu kemarin. Google Reader menambah beberapa fitur ‘kecil’ dan perbaikan atas fitur sebelumnya, SlideShare kini support video dan Bing, tambahkan fitur saran dari relasi di Bing Shopping.

Google Reader

Google melakukan perkembangan untuk memperbaharui atas fitur yang sebelumnya yang mereka telah luncurkan serta menambahkan fitur-fitur ‘kecil’ pada aplikasi Reader mereka. Perkembangan terbaru ini antara lain support untuk HTML 5 sebagai jawaban atas perkembangan update dari teknologi web baru-baru ini, kemudian penambahan ‘kecil’ juga terdapat pada fitur rekomendasi, kini ada penambahan pilihan ‘not interested’ di bagian bawah rekomendasi yang diberikan oleh Google Reader atas suatu konten, sehingga user bisa memilih untuk tidak melihat konten itu dan fitur ini juga akan memberikan data pada Google tentang interest user atas apa yang mereka sukai dan yang tidak.

Selain itu, Google Reader juga menambahkan notifikasi berbentuk banner kecil tentang update terbaru atas versi Google Reader, sehingga user kini tidak akan ketinggalan lagi update terbaru untuk aplikasi Reader yang mereka gunakan. Google juga melakukan beberapa pembaruan pada fitur Reader Play, semacam shortcut yang ketika anda menekan tombol space atau shift-space, Reader Play akan secara otomatis berpindah antara satu post dengan post lainnya ini berlaku juga untuk post dengan banyak gambar, tekan spacebar untuk bergeser ke kanan, dan shift-space untuk bergeser ke kiri, termasuk penambahan yang memungkinkan melakukan perubahan atas URL yang digunakan.

SlideShare

SlideShare yang memang banyak digunakan untuk meng-upload dan melakukan sharing slide presentasi, serta file dokumen dan pdf, kini mulai beranjak ke arah yang lebih luas lagi, dengan menambahkan fitur untuk mengupload file berupa video untuk menjawab kebutuhan user yang mempunyai berbagai konten berbentuk video, webinars, demo video serta embed video dari YouTube dalam presentasi mereka.

Kini semua konten jenis tersebut bisa di upload ke SlideShare, karena mereka telah menambahkan fitur yang mendukung upload video. Namun video yang ditampilkan memang video profesional jadi bukan video musik (video klip), episode dari televisi, atau video lucu seperti yang ada di YouTube, namun konten video harus merupakan konten video profesional, seperti juga slide serta konten yang ada di SlideShare yang kebanyakan memang konten dalam genre profesional atau akademis.

Beberapa contoh jenis video yang bisa di upload antara lain, video tentang cara kreatif untuk menjelaskan sebuah konsep, cara menjual sebuah produk atau video dengan konten yang dapat memberikan inspirasi bagi user lain atau audiens.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, user bisa menggunakan layanan SlideShare untuk monetisasi dan video yang di upload akan bebas iklan, namun SlideShare juga sedang melakukan test atas model bisnis mereka pada fitur video ini.

Bing Shopping

Sebagai perkembangan atas integrasi social network pada mesin pencari mereka, serta fitur sharing hasil pencarian atas konten berita dan entertainment, kini Bing juga menambahkan fitur serupa untuk Bing Shopping! Kini hanya dengan satu kali klik, user bisa sharing konten dari Bing dan meminta pendapat relasi mereka, baik itu saran atau rekomendasi atas sebuah produk tertentu, lewat Facebook dan Twitter serta e-mail.

Jadi, misalnya anda sedang mencari produk tertentu, lalu mendapatkan informasi tentang produk tersebut dari hasil pencarian Bing, tapi masih merasa belum yakin dan ingin meminta saran dari relasi anda di Facebook atau follower anda di Twitter atau bahkan dengan e-mail ke orang tertentu, yang anda anggap releven dan ahli untuk memberikan rekomendasi, maka dengan sekali klik anda bisa mendapatkan komentar dari relasi anda tentang produk tertentu, dan bisa membantu anda dalam melakukan keputusan pembelian.

Dengan peran social network sebagai mesih pencari gaya baru, yaitu rekomendasi relasi, fitur ini bisa menjadi tambahan layanan pada Bing dalam meningkatkan perannya sebagai mesin pencari yang merupakan salah satu pesaing dari mesin pencari penguasa pasar, Google.

Itulah beberapa perkembangan dari Google Reader, SlideShare, dan Bing. Ini hari senin yang berarti awal minggu, yang pasti akan masih banyak update lain dari DailySocial, so stay tune terus untuk selalu mendapatkan update lainnya dari DailySocial.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×