Berita 

Firefox Home: Dari Si Rubah Cerdik Untuk iPhone

Firefox Home: Dari Si Rubah Cerdik Untuk iPhone

Posted by
Yoga Nandiwardhana

June 1, 2010

Mozilla baru saja mengumumkan sebuah langkah cerdik untuk melebarkan sayap mereka ke mobile, khususnya iPhone. Dan bukan, kali ini bukan browser, melainkan Firefox Home, yaitu sebuah app yang menjadi penyambung aktivitas browsing di desktop (lewat Firefox tentunya) ke mobile device.

Firefox Home ini akan membawa semua bookmark, tab yang terbuka, hingga history browsing kita di Firefox desktop. Untuk ini, Mozilla mengaplikasikan teknologi Firefox Sync mereka yang seperti namanya bisa untuk sinkronisasi muatan antar Firefox di berbagai mesin.

Appnya sendiri masih sedang dalam pengembangan, dan seperti halnya semua app untuk iPhone lainnya, begitu disubmit ke Apple entah kapan akan di-approvenya. Untuk sementara tonton aja dulu video demo dari Mozilla di bawah ini.

Satu fitur yang kayaknya bakal gue suka banget adalah awesome bar-nya Firefox yang ikut masuk ke app ini. Awesome bar ini adalah address bar Firefox yang “pinter”, di mana kita bisa ngetik apa aja dan nanti dia akan nyari ke judul-judul halaman serta URL yang pernah kita kunjungi.

Jadi kalau kemarin sempet buka halaman yang ada fotonya Megan Fox, terus lupa alamatnya, tinggal tulis aja “Megan Fox” di awesome bar ini dan nanti dia akan ngasih usulan URL mana yang pernah kita kunjungi. Bisa juga jadi pengganti search engine, misalnya mau buka halaman Wikipedia-nya serial Lost, tulis aja “wikipedia lost” nanti dia dengan pinternya akan langsung ngasih halaman itu.

Dominasi Safari dan Opera Mini sebagai dua raksasa browser mobile sempat membuat orang bertanya-tanya, apa strategi Mozilla? Firefox begitu perkasa sebagai browser desktop dan posisinya kian hari kian mantap, tapi belum tampak tanda-tanda mereka akan mencoba mendominasi dunia mobile. Terhitung baru Firefox Mobile untuk Nokia N900 yang resmi mereka luncurkan Januari lalu.

Cukup unik strategi Mozilla kali ini. Kayaknya menganut filosofi if you can’t beat ‘em, join ‘em. Or in this case, piggyback ‘em. Ga perlu ngotot usaha jadi browser utama di iPhone, cukup kasih penggunanya alasan yang kuat untuk make Firefox di desktop mereka. Settle for less? Belum tentu. Mungkin nanti begitu orang-orang udah seneng make Firefox Home ini, mereka keluarin deh Firefox untuk iPhone. Mungkin lho.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×