1. Startup

FinPay Dirilis, Ubah Peta Persaingan Platform Pembayaran

Berkembangnya e-commerce di Indonesia kini diikuti oleh berkembangnya platform pembayaran online. Berbagai pemain, dari berbagai pihak dengan berbagai skala dari dalam maupun luar negeri, ikut serta meramaikan persaingan dalam pasar ini. Kini, pasar akan semakin ramai dengan hadirnya satu pemain besar dalam negeri, FinPay.

Saya sebut FinPay pemain besar, karena FinPay merupakan produk dari PT Finnet Indonesia, anak perusahaan Telkom. PT Finnet Indonesia merupakan sebuah Joint Ventures antara Nusantara (METRA) dengan PT Mekar Prana indah (MPI) yang sahamnya dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (YKBI).

FinPay menjanjikan transaksi finansial yang lebih sederhana dan ringkas. Bekerja sama dengan banyak bank di Indonesia serta dengan Visa dan MasterCard, FinPay jelas akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi online. Jika bertransaksi dengan merchant yang menggunakan platfrom FinPay, konsumen bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit, internet banking, atau menggunakan ATM. Karena FinPay merupakan bagian dari Telkom, pembayaran FinPay menggunakan ATM dan internet banking akan berada di bawah modul pembayaran telepon dengan operator Telkom.

Pada saat diluncurkan Rabu, 30 Mei kemarin di Jakarta, FinPay juga telah bekerja sama dengan banyak merchant. Beberapa nama terkenal yang telah bekerja sama dengan FinPay antara lain LivingSocial, Plaza.com, AppsFoundry, Gold’s Gym, Tempo, Aora TV termasuk beberapa grup Telkom sendiri seperti Telkomsel, Aora TV, dan TelkomVision.

Sebagai “pemain besar”, wajar bila FinPay langsung mempunyai dengan koneksi banyak mitra bisnis baik dari pihak bank maupun pihak merchant. Kehadiran pemain seperti ini jelas akan membuat peta persaingan akan ditata ulang. Lagipula, pada persaingan platform pembayaran online di Indonesia belum ada pemain yang bisa dikatakan mapan. Dengan waktu rilis yang relatif tepat, di saat pasar e-commerce Indonesia sedang menanjak, sepertinya FinPay akan mampu berbuat banyak dalam persaingan ini. Kita lihat saja.

Koreksi untuk Aora TV yang bukan bagian dari grup Telkom, tetapi FinPay bisa digunakan untuk membayar Aora TV.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again