Berita 

Fasilitas Baru di Koprol: Integrasi dengan Flickr, Widget dan Beberapa Fitur Lainnya

Fasilitas Baru di Koprol: Integrasi dengan Flickr, Widget dan Beberapa Fitur Lainnya

Posted by
Wiku Baskoro

April 7, 2011

Koprol menambahkan beberapa fitur baru pada layanan mereka, antara lain integrasi dengan Flickr, widget serta fitur Ping. Untuk integrasi dengan layanan Flickr, kini pengguna Koprol bisa mengkoneksikan akun Koprol dengan akun Flickr dan mengatur agar setiap foto yang diunggah di Koprol juga bisa muncul di Flickr dan setiap foto ini bisa menampilkan keterangan tambahan lokasi berdasarkan dari check-in di Koprol (geotagged photo).

Fasilitas ini bisa ditemukan di menu pengaturan – sharing, pastikan Anda mengatur juga pengaturan geo privacy dari akun Flickr Anda. Untuk fasilitas Ping diperuntukkan bagi para pengguna push-mail, jika Anda mengaktifkan fitur ini maka ketika seseorang yang Anda ikuti melakukan check-in di lokasi terdekat dengan Anda, akan ada notifikasi berupa email. Untuk mengaktifkan fitur ini klik kotak dan beri tanda centang pada daftar teman, Anda hanya bisa melacak akun pengguna lain yang Anda ikuti.

Fitur yang paling menarik untuk dicermati adalah widget, salah satu alasannya karena ini bisa membantu Koprol untuk mendistribusikan aktivitas yang terjadi pada layanan mereka dan secara tidak langsung juga bisa membantu promosi Koprol.


Widget
ini adalah semacam kotak yang berisi keterangan aktivitas yang ada di akun Koprol Anda dan bisa ditempatkan di website atau blog masing-masing. Ada dua tipe widget yang bisa digunakan, widget Koprol yang menampilkan post terbaru dari aktivitas yang terjadi di akun Koprol Anda serta Place Widget yang akan menampilkan aktivitas post dari tempat tertentu. Anda bisa memilih kode lokasi sesuai yang Anda inginkan. Ada beberapa pengaturan tampilan dari fasilitas widget ini yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Apa yang menarik dari widget ini? Seperti yang dituliskan pada blog resmi Koprol, Place Widget memungkinkan pengguna untuk membuat widget atas lokasi tertentu, misalnya toko atau restoran, jadi pengguna yang memiliki akun bisnis dan mengklaim lokasi mereka bisa berpromosi dengan widget ini dengan menampilkan aktivitas pengguna yang ada di sekitar lokasi mereka.

Koprol baru-baru ini secara resmi meluncurkan Koprol for Business, yang bagi saya menjadi salah satu fasilitas dari Koprol yang sudah ditunggu-tunggu. Fasilitas widget ini bisa memberikan fitur tambahan untuk diintegrasikan dengan web atau blog dari pemilik lokasi. Aktivitas sekitar lokasi tertentu bisa dilihat, mungkin saja ini juga bisa dikembangkan dengan integrasi para program promosi yang dilakukan oleh pemilik akun bisnis.

Hanya saja, bisa jadi ada sedikit kendala yang akan dihadapi Koprol, untuk mengatur widget lokasi, Anda harus sedikit savvy atau mengerti layanan Koprol, karena Anda harus memasukkan kode lokasi bukan nama tempat. Saya tidak tahu apakah semua pengguna Koprol telah paham dengan pengaturan ini, namun sepertinya akan lebih menyenangkan jika kita bisa melakukan pilihan lokasi untuk widget layaknya jika kita melakukan pencarian lokasi.

Selain dari beberapa fitur di atas, Koprol juga melakukan pembaruan fasilitas bagi kurator yang telah diperkenalkan sejak minggu kemarin. Tampilan ini dijelaskan di blog mereka akan memberikan kemudahan bagi para kurator dalam mengkurasi lokasi dan mendapatkan poin. Satu lagi fitur baru yang diluncurkan Koprol adalah yang berhubungan dengan pengajuan lokasi baru. Kini mereka yang ingin menambahkan lokasi tertentu, bisa menambahkan foto agar lokasi tersebut lebih meyakinkan bagi kurator untuk disetujui.

Untuk lokasi yang ditolak, kini Koprol menambahkan fasilitas tambahan bagi pengguna untuk melakukan pengajuan kedua atas lokasi yang sama namun ditolak dengan menambahkan keterangan detail tambahan atau pelengkap lain.

Tambahan fitur yang cukup banyak dilakukan Koprol, saya sendiri penasaran untuk adaptasi widget, setelah biasanya Facebook atau Twitter, akankan para pengguna Koprol mengadaptasi widget ini pada blog atau situs mereka? Serta apakah Place Widget bisa memberikan fasilitas tambahan untuk optimasi akun yang berhubungan dengan lokasi bisnis.

Dan untuk pembaruan yang berhubungan dengan kurator, tentunya pembaca DailySocial masih ingat dengan tulisan saya yang berhubungan dengan fasilitas kurator di Koprol. Kita uji apakah fitur tambahan, termasuk fasilitas baru bagi kurator untuk melakukan seleksi lokasi ini akan membuat pengajuan lokasi saya disetujui.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×