Berita  Review 

Facebook Rilis Tampilan Baru Untuk Facebook Profile

Facebook Rilis Tampilan Baru Untuk Facebook Profile

Posted by
Wiku Baskoro

December 6, 2010

Facebook secara resmi mengumumkan perubahan tampilan, penambahan elemen dan fitur baru pada fasilitas Facebook Profile. Setidaknya ada 5 fasilitas baru yang ditawarkan dari tampilan profil pengguna Facebook yang baru ini, antara lain yang berhubungan dengan keterangan biografi, foto, navigasi, keterangan tentang pendidikan dan pekerjaan, serta informasi tentang ketertarikan pengguna.

Salah satu yang paling terlihat dari tampilan baru ini adalah munculnya keterangan tentang informasi akun pada bagian atas, di bawah nama akun Anda, di mana kini ditampilkan basic information tentang akun pengguna, seperti keterangan tentang pendidikan, lokasi, serta tanggal lahir. Berbagai keterangan ini merupakan rangkuman data informasi dasar akun Facebook yang telah diisi oleh pengguna sebelumnya. Anda juga bisa mengubah atau menambahkan keterangan baru untuk melengkapi informasi tentang data akun Facebook Anda langsung dari tampilan ini.

Tampilan informasi dasar akun ini, juga dilengkapi dengan foto terbaru yang di-tag oleh pengguna lain, dengan tampilan sebanyak 5 foto. Foto-foto hasil tag ini akan terlihat oleh relasi yang telah diijinkan Anda untuk melihat foto hasil tag orang lain. Anda bisa menyembunyikan tampilan foto tertentu dari halaman awal profil Facebook Anda dengan mengeklik tanda ‘x’ ketika meng-hover ke atas foto, dan Anda juga bisa mengatur ulang siapa saja yang bisa melihat foto-foto ini pada pilihan di menu privasi.

Tampilan profil pengguna Facebook yang baru ini juga mengubah posisi untuk melakukan navigasi, fasilitas atau pilihan menu untuk mengelola profil ini kini letaknya di bawah gambar profil Anda, yang berisi pilihan untuk menjelajah Wall, foto, Info, catatan serta teman-teman Anda.

Salah satu fasilitas baru yang bisa digunakan adalah pilihan untuk mengatur grup teman-teman Anda. Tampilan profil yang baru ini akan menampilkan daftar teman Anda pada bagian kiri, tampilan ini dilengkapi dengan pilihan untuk melakukan pengaturan grup teman, seperti daftar teman kantor atau daftar teman dengan hobi tertentu.

Untuk mengatur atau membuat daftar teman dalam kegiatan tertentu, Anda tinggal klik ikon pensil, yang akan muncul ketika Anda mengarahkan tetikus pada foto relasi Anda, nantinya Anda akan diarahkan pada menu pengaturan profil, di menu ini Anda bisa menambahkan dan membuat daftar atau grup dari relasi Anda yang ada di Facebook ke dalam kelompok pertemanan tertentu.

Pada tampilan baru profil Facebook, pengguna juga akan diberikan fasilitas untuk menambahkan keterangan yang berhubungan dengan pendidikan dan pekerjaan, termasuk penambahan pengalaman kerja atau kegiatan lain yang telah Anda kerjakan. Fasilitas ini juga memberikan pilihan jika Anda ingin menambahkan atau men-tag teman Anda yang ada di Facebook yang juga ikut terlibat dalam proyek, kegiatan atau pekerjaan yang Anda lakukan. Jadi bagi mereka yang menggunakan Facebook secara ‘serius’ bisa menambahkan keterangan tentang pekerjaan yang telah Anda lakukan beserta anggota tim atau teman yang ikut serta dalam pekerjaan atau proyek tersebut.

Dan fasilitas yang terakhir yaitu yang berhubungan dengan fasilitas interest. Pada tampilan profil yang baru, keterangan tentang ketertarikan pengguna, yang ada pada menu Info, akan ditambahkan dengan elemen visual, seperti foto profil atau gambar yang terdapat pada halaman Facebook yang Anda sukai, termasuk juga keterangan tentang ketertarikan apa saja yang baru pengguna tambahkan.

Tampilan baru profil dari Facebook ini juga menyediakan fasilitas yang memudahkan pengguna untuk menjelajah foto dan relasi teman yang dimiliki. Jika Anda melakukan klik pada pilihan foto maka Anda tinggal melakukan scroll ke bawah untuk mejelah foto yang telah Anda tambahkan, memudahkan jika Anda ingin menambahkan atau mencari foto pada album tertentu.

Fasilitas menjelajah dengan scroll juga bisa digunakan untuk mencari relasi Facebook, ketika Anda masuk pada menu friends, maka Anda bisa mendapatkan kemudahan dalam menjelajah relasi Anda di Facebook, termasuk fasilitas untuk melakukan pencarian atas teman tertentu, selain dengan melakukan scroll dengan tetikus, untuk mencari akun teman Anda, pengguna juga bisa mengetikkan keterangan nama, kota, tempat kerja atau melakukan pencarian berdasarkan ketertarikan tertentu.

Tidak hanya tampilan profil pribadi kita saja yang mengalami pembaruan, kini ketika kita mengunjungi profil orang lain maka kita akan melihat beberapa perubahan seperti, posisi pilihan untuk ‘poke’ dan mengirimkan pesan akan berada pada bagian atas.

Fasilitas ‘see friendship’, yang sebelumnya telah disediakan Facebok kini mendapatkan porsi perhatian yang lebih, serta memiliki keterangan yang lengkap, seperti menampilkan foto di mana Anda dan relasi Anda sama-sama di-tag, kemudian keterangan jumlah mutual friends yang dilengkapi dengan foto profil serta keterangan lain yang Anda dan Relasi Anda sama-sama miliki seperti, ketertarikan atas musik tertentu. Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melihat relasi pertemanan antar pengguna serta kegiatan/acara apa saja yang pernah dijalani bersamaan.

Perubahan baru dari tampilan Facebook ini juga tidak begitu saja berubah seperti yang selama ini dilakukan ketika ada perubahan tampilan atau fasilitas baru yang ada di Facebook, namun Facebook kini menerapkan fasilitas opt-in. Facebook akan memberikan semacam tombol untuk mempersilahkan pengguna melakukan pilihan untuk berpindah dari tampilan lama profil mereka ke tampilan baru. Facebook juga menambahkan keterangan tentang siapa saja teman Anda yang telah mengubah profil mereka, yang memberi tambahan informasi tentang siapa saja teman Anda yang telah menggunakan tampilan profil pengguna baru dari Facebook.

Namun, ketika pengguna telah memilih untuk menggunakan tampilan baru, maka mereka tidak akan diberikan pilihan untuk kembali ke tampilan yang lama. Untuk melihat keterangan lengkap serta pilihan untuk mengubah tampilan bisa dilihat di tautan ini.

Setelah mencobanya, saya cenderung untuk memilih menyukai tampilan profil yang baru ini, selain fasilitas keterangan tambahan tentang pendidikan dan pekerjaan, terutama fitur tag relasi, yang bisa menambah lengkap informasi ‘serius’ dari akun, salah satu fasilitas yang membuat saya menyukai tampilan baru profil ini adalah fasilitas untuk melakukan pencarian teman, kini kita bisa melakukan pencarian dengan lebih mudah, bisa dengan fasilitas scroll atau melakukan pencarian berdasarkan informasi tertentu, tidak hanya nama pengguna, namun keterangan lain seperti pendidikan, lokasi, dll, yang membuat proses pencarian relasi menjadi lebih mudah.

Meski Facebook telah menggunakan cara baru dalam memberitahukan perubahan ini, dengan pilihan opt-in, namun jika melihat komentar pada pengguna mereka di blog resmi Facebook, banyak dari mereka yang menginginkan untuk kembali ke versi tampilan profil Facebook yang lama. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mencoba tampilan halaman profil pengguna yang baru di Facebook? Apakah Anda menyukai tampilan baru profil pengguna ini atau lebih memilih yang lama?

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×